PENGARUH SECRETOME HIPOXIA MESENCHYIMAL STEM CELL (SH-MSC) TERHADAP EKSPRESI GEN PDGF DAN IF-GAMA (Study Eksperimental In Vivo Pada Tikus Wistar Model Luka Eksisi)

Natalia, Dessy Tri (2023) PENGARUH SECRETOME HIPOXIA MESENCHYIMAL STEM CELL (SH-MSC) TERHADAP EKSPRESI GEN PDGF DAN IF-GAMA (Study Eksperimental In Vivo Pada Tikus Wistar Model Luka Eksisi). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (112kB)
[img] Text
MBK2219010277_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Luka adalah rusaknya struktur dan fungsi anatomis normal akibat proses patologis yang berasal dari internal maupun eksternal dan mengenai organ tertentu. Terapi menggunakan Mesenchymal Stem Cell (MSC) dinilai efektif dalam meningkatkan penyembuhan luka kulit karena memiliki potensi diferensiasi dan imunoregulasi serta tidak adanya potensi penolakan pasca pengobatan. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan pengaruh secretome hipoksia mesenchymal stem cell (SH-MSC) terhadap ekspresi gen PDGF dan IFN-γ tikus Wistar dengan model luka eksisi. Metode: Penelitian eksperimental in vivo dengan desain penelitian Post test Only Control Group Design. Jumlah sampel 18 ekor tikus Wistar jantan dengan model luka eksisi, dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok Negatif (-) gel placebo, kelompok (+) Clobetasol dosis 0,25g/kg, dan kelompok P1 gel SH-MSC dosis 400 µl/kgBB, diberikan perlakuan selama 5 hari. Hari ke 6 jaringan kulit diperiksa dengan metode RT-PCR untuk melihat ekspresi gen PDGF dan IFN-γ diuji menggunakan uji One Way Anova dilanjutkan dengan uji Post Hoc LSD. Hasil: Rata-rata ekspresi gen PDGF di kelompok P1 yang tertinggi, kemudian diikuti oleh rerata ekspresi gen PDGF kelompok K+. Selanjutnya rerata ekspresi gen PDGF kelompok K- dengan nilai terendah. Rata-rata ekspresi gen IFN-γ di kelompok K- yang tertinggi, kemudian diikuti oleh rerata ekspresi gen IFN-γ kelompok K+. Selanjutnya rerata ekspresi gen IFN-γ kelompok P1 dengan nilai terendah. Kesimpulan:Pemberian gel topikal SH-MSCs 400µl/kgBB dapat meningkatkan ekspresi PDGF dan menurunkan kadar IFN-γ pada tikus jantan galur wistar model luka eksisi. Kata Kunci: SH-MSCs, Hipoksia, Ekpresi gen PDGF, Ekpresi gen IFN-γ, Luka eksisi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:22
Last Modified: 06 Oct 2023 03:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31099

Actions (login required)

View Item View Item