PENGARUH GEL TOPIKAL SECRETOME HYPOXIA MESENCHYIMAL STEM CELL (SH-MSCs) TERHADAP EKSPRESI GEN TGF-β dan IL-6 (Studi Eksperimental in Vivo pada tikus Wistar dengan model luka eksisi)

Metalia, Metalia (2023) PENGARUH GEL TOPIKAL SECRETOME HYPOXIA MESENCHYIMAL STEM CELL (SH-MSCs) TERHADAP EKSPRESI GEN TGF-β dan IL-6 (Studi Eksperimental in Vivo pada tikus Wistar dengan model luka eksisi). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (356kB)
[img] Text
MBK2219010290_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Luka pada kulit mengakibatkan rusaknya jaringan epitel dan struktur kulit, penyembuhan luka terhambat dan menyebabkan luka akut menjadi kronis. Secretome Hypoxia Mesenchymal Stem Cells mampu mengeluarkan sitokin dan faktor pertumbuhan, Tujuan penelitian adalah membuktikan pengaruh gel topikal SH-MSCs terhadap ekspresi gen TGF-β dan IL-6 pada tikus Wistar dengan model luka eksisi. Metode: Penelitian eksperimental in vivo desain penelitian Post test Only Control Group Design. Jumlah sampel 18 ekor tikus Wistar dengan model luka eksisi dibagi tiga kelompok, kelompok I diberikan basic gel placebo, kelompok II diberikan Clobetasol dosis 0,25g/kg, dan kelompok III diberikan gel SH-MSCs dosis 400 µl/kgBB, perlakuan selama 5 hari, hari ke-6 jaringan kulit diperiksa dengan RT-PCR untuk melihat ekspresi gen TGF-β dan IL-6 dinalisa dengan uji One Way Anova, dilanjutkan uji Post Hoc LSD. Hasil: Rerata ekspresi gen TGF-β di kelompok P1 yang tertinggi (1,38) dan rerata ekspresi gen IL-6 di kelompok P1 yang terendah (0.72). Uji One Way Anova menunjukkan perbedaan yang bermakna pada ekspresi gen TGF-β dengan nilai p=0.056 (p<0,05) dan IL-6 p=0,47 (p<0,05). Uji Post Hoc LSD pada ekspresi gen TGF-β menunjukkan bahwa pemberian SH-MSCs 400µl/kgBB dapat meningkatkan ekspresi gen TGF-β dan menurunkan ekspresi IL-6 pada tikus wistar dengan model luka eksisi. Kesimpulan:Pemberian gel topikal SH-MSCs 400µl/kgBB terbukti bermakna dapat meningkatkan kadar TGF-β pada tikus wistar model luka eksisi sedangkan pemberian gel topikal SH-MSCs 400µl/kgBB dapat menurunkan kadar IL-6 pada tikus wistar model luka eksisi. Kata Kunci: SH-MSCs, Hipoksia, TGF-β, IL-6, Luka eksisi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Biomedik
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 06 Oct 2023 03:15
Last Modified: 06 Oct 2023 03:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31097

Actions (login required)

View Item View Item