REKONSTRUKSI REGULASI EKSEKUSI PUTUSAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN YANG BERBASIS KEADILAN

Siagian, Asman (2022) REKONSTRUKSI REGULASI EKSEKUSI PUTUSAN BADAN PENYELESAIAN SENGKETA KONSUMEN YANG BERBASIS KEADILAN. Doctoral thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
10302000155.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Publikasi ASMAN SIAGAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Sengketa antara pelaku usaha dengan konsumen dewasa ini masih saja terjadi. Aturan untuk penyelesaian sengketa konsumen diatus melalui Undang- Undang Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Namun dalam perkembangannya Badan yang diberikan kewenagan oleh Undang-Undang tersebut untuk penyelesaian sengketa konsumen masih belum maksimal. Dalam Undang-Undang tersebut peraturan penyelesaian sengketa konsumen dengan cara arbitrase masih minim pengaturannya. Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme dengan metode pendekatan yuridis sosiologis untuk memecahkan masalah penelitian dengan meneliti data sekunder dan data primer dengan menemukan kenyataan hukum yang dialami di lapangan serta metode deskriptif kualitatif, yakni dimana data yang diperoleh kemudian disusun secara sistematis sehingga akan diperoleh gambaran yang komperhensif, dimana nantinya data akan dipaparkan secara deskriptif Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengkaji dan menganalisis regulasi eksekusi Putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen yang berbasis keadilan, untuk mengkaji dan menganalisis kelemahan-kelemahan regulasi eksekusi Putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen, rekontruksi regulasi eksekusi Putusan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen yang berbasis keadilan. Berdasarkan temuan penelitaian disertasi ini, ditemukan beberpa fakta dan masukan yaitu dalam eksekusi pelaksanaan arbitrase penyelesaian sengketa konsumen masih terdapat beberapa kelemahan yakni Kelemahan Pada Substansi Hukum yaitu terletak pada prinsip, proses serta putusan penyelesaian sengketa konsumen melalui Arbitrase kurang seirama dengan Undang-Undang No. 30 Tahun 1999 tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa, kelemahan pada Struktur Hukum yaitu permasalahan- permasalahan dalam BPSK dan Kelemahan pada Masyarakat/Konsumen yaitu tingkat kesadaran konsumen akan hak-haknya yang masih rendah Berdasarkan hasil penelitian maka direkomendasikan untuk melakukan rekonstruksi terhadap ketentuan yang terdapat dalam pasal 54 ayat (3) UU No. 8 tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen. Kata Kunci: konsumen, penyelesaian sengketa, arbitrase, regulasi, eksekusi

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 13 Sep 2023 06:16
Last Modified: 13 Sep 2023 06:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/31050

Actions (login required)

View Item View Item