HARMONISASI REGULASI TURUNAN TENTANG MEREK DALAM PEMASARAN PRODUK DAN JASA PADA AMAL USAHA MUHAMMADIYAH JAWA TENGAH BERBASIS KEADILAN RELIGIUS

Juma'i, Juma'i (2022) HARMONISASI REGULASI TURUNAN TENTANG MEREK DALAM PEMASARAN PRODUK DAN JASA PADA AMAL USAHA MUHAMMADIYAH JAWA TENGAH BERBASIS KEADILAN RELIGIUS. Doctoral thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
10302000040.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Publikasi JUMAI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis mengapa terjadi disharmoni Regulasi Merek dalam pemasaran produk dan jasa pada Amal Usaha Muhammadiyah; untuk menganalisis implikasi ketidakadilan dan kelemahan- kelemahan dalam regulasi merek pada Amal Usaha Muhammadiyah Jawa Tengah dan untuk menganalisis Harmonisasi Regulasi Merek dalam Pemasaran Produk dan Jasa Amal Usaha Muhammadiyah Jawa Tengah. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian hukum sosio legal atau normatif-empiris. Pendekatan penelitian ini adalah menggunakan penelitian hukum sosio legal atau normatif empiris. Teknik analisis dalam penelitian ini adalah analisis kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Disharmoni regulasi merek dalam pemasaran produk dan jasa Amal Usaha Muhammadiyah terjadi karena belum adanya aturan yang mengikat pada interen organisasi Muhammdiyah itu sendiri, aturan yang mengikat yang dibutuhkan adalah AD/ART yang mengikat khusus mengatur penggunaan lambang dan nama Muhammadiyah yang mana Muhammadiyah sebagai organisasi yang menaungi Amal Usaha Muhammadiyah. AD/ART perlu aturan khusus dalam pengelolaan Amal Usaha Muhammdiyan; (2) Implikasi ketidak adilan dan kelemahan Amal usaha Muhamadiyah, sebagai tempat bernaung dan berlindung pengelola amal usaha merasa aman. Rasa aman dan nyaman yang diberikan inilah pengelola amal usaha kerasan pada posisi tertentu, rasa kepemilikan menjadi haknya sendiri muncul. Hal inilah yang menyebabkan kebanyakan pengelola amal usaha tertanam posisi yang tak tergantikan karena sudah lama menetap. Adanya sifat kepemilikan selayaknya milik sendiri inilah yang menjadikan kelemahan dalam tubuh suatu organisasi, sifat kepemilikan menimbulkan penguasaan atas tugas yang diberikan oleh Pimpinan Muhammadiyah kepada dirinya; (3) Harmonisasi regulasi merek dalam pemasaran produk dan jasa, perlu adanya kesadaran diti bagi pengelola dalam penggunaan nama dan lambang. Seiring bersama dan berjakan bersama agar tidak ada kesenjangan baik bagi Pimpinan Muhammadiyah maupun pengelola. Undang - undang perlindungan merek dan perlindungan hak cipta. Undang undang ormas yang sudah mengatur kegiatan ormas dan juga memberikan landasan pendirian amal usaha sebagai dasar pengelolaan keuangan ormas dan pendapatan ormas. Undang - undang negara berlaku untuk semua warga negara tidak dikhususkan organisasi tertentu, semuanya wajib mengukuti dan patuh terhadap undang- undang yang berlaku. Kata Kunci: Harmonisasi, Regulasi Turunan, Merek, Pemasaran Produk Dan Jasa, Amal Usaha, Keadilan Religius

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Program Doktor Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 14 Sep 2023 01:36
Last Modified: 14 Sep 2023 01:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30967

Actions (login required)

View Item View Item