ANALISA YURIDIS KEWENANGAN JAKSA PADA BIDANG INTELIJEN DALAM PENYELIDIKAN TINDAK PIDANA KORUPSI (Studi Kasus : Kejaksaan Negeri Jepara)

Indra, Roni (2023) ANALISA YURIDIS KEWENANGAN JAKSA PADA BIDANG INTELIJEN DALAM PENYELIDIKAN TINDAK PIDANA KORUPSI (Studi Kasus : Kejaksaan Negeri Jepara). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
20302100087_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (83kB)

Abstract

Intelijen dalam proses penegakan hukum di Indonesia terbagi atas dua yaitu Intelijen yang dimiliki oleh Kepolisian Republik Indonesia dan Intelijen di lingkup Kejaksaan Republik Indonesia. Selain itu ada intelijen yang dimiliki oleh negara yang mempunyai fungsi khusus dalam pertahanan dan keamanan negara yang dapat digunakan untuk melaksanakan politik nasional. Untuk dapat melaksanakan kegiatan penyelidikan secara maksimal, maka Intelijen Kejaksaan melalui seksi intelijen yang bertugas melakukan mata rantai penyelidikan, yaitu sejak dari perencanaan, kegiatan pengumpulan data, kegiatan pengolahan hingga kegiatan penggunaan data. Dalam hal ini mengumpulkan dan mengelolah data serta fakta apabila timbul dugaan adanya atau telah terjadi tindak pidana khusus yaitu tindak pidana korupsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis Sosiologis merupakan penelitian yang mengkaji penerapan kaidah-kaidah atau norma-norma hukum dengan menggunakan pendekatan ilmu hukum maupun ilmu-ilmu sosial. peran jaksa pada Bidang Intelijen sebagai mata dan telinga pimpinan untuk menentukan arah kebijakan dalam melaksanakan tugas dan fungsi dalam memberikan masukan maupun Tindakan yang akan diambil. Peran intelijen Kejaksaan dalam mengungkap perkara tindak pidana korupsi secara garis besar memiliki peranan yaitu dalam hal penyelidikan tindak pidana korupsi oleh intelijen Kejaksaan guna memperoleh informasi dan bahan keterangaan untuk melanjutkan ke proses penyidikan oleh bidang pidana khusus, upaya preventif atau pencegahan dengan pembentukan Tim Pengamanan Proyek Strategis dan Pembangunan Daerah. Pelaksanaan Penyelidikan oleh Intelijen Kejaksaan Negeri Jepara dalam pemberantasan kasus tindak pidana korupsi di Kabupaten Jeparaadalah dengan melakukan penyelidikan yang diawali adanya informasi indikasi peristiwa korupsi. Selanjutnya ditindaklanjuti dengan pembuatan dan penerbitan surat perintah. Pelaksana Intelijen melakukan pengumpulan data dan pengumpulan bahan keterangan. Hambatan intelijen Kejaksaan dalam mengungkap perkara tindak pidana korupsi adalah dalam hal pemanggilan saksi, pengumpulan alat bukti, dan adanya ketakutan pihak yang dimintai keterangan atas intervensi instansi terkait. Upaya dalam penanggulangannya adalah dengan perpanjangan waktu dalam proses pemanggilan saksi dan pengumpulan alat bukti terkait perkara, serta dengan memberikan jaminan dan perlindungan terhadap pihak yang dimintai keterangan atas intervensi yang dilakukan oleh intansi terkait. Dalam penanganan perkara tindak pidana korupsi dapat melakukan koordinasi dan sinkronisasi secara efektif dan efisien dalam penegakan hukum tindak pidana korupsi di masa yang akan datang. Kata Kunci : Penyelidikan, Jaksa, Korupsi

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 01 Sep 2023 02:11
Last Modified: 01 Sep 2023 02:11
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30882

Actions (login required)

View Item View Item