KEDUDUKAN HUKUM SIDIK JARI DALAM MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DI POLRES BLORA (Studi Laporan Kepolisian No. LP/B/05/II/2022/SPKT POLSEK CEPU/POLRES BLORA/POLDA JATENG)

Mulyadi, Mulyadi (2023) KEDUDUKAN HUKUM SIDIK JARI DALAM MENGUNGKAP TINDAK PIDANA PEMBUNUHAN DI POLRES BLORA (Studi Laporan Kepolisian No. LP/B/05/II/2022/SPKT POLSEK CEPU/POLRES BLORA/POLDA JATENG). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
20302100070_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (68kB)

Abstract

Pemeriksaan sidik jari merupakan salah satu cara untuk mencari alat bukti dalam menemukan pelaku tindak pidana pembunuhan. Pembuktian dengan menggunakan sidik jari merupakan pembuktian ilmiah yang sangat akurat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kedudukan hukum sidik jari dalam mengungkap tindak pidana pembunuhan di Kepolisian Resort Blora serta mengetahui dan menganalisis kekuatan hukum sidik jari dalam upaya pembuktian tindak pidana pembunuhan di Kepolisian Resort Blora. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normatif, spesifikasi penelitian adalah deskriptif analitis, jenis data yang digunakan adalah data sekunder yang didukung dengan data primer. Metode pengmpulan data studi kepustakaa dan metode analisis data adalah analisis kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori kepastian hukum, teori pembuktian, teori kemaslahatan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kedudukan kedudukan hukum sidik jari dalam mengungkap tindak pidana pembunuhan di Kepolisian Resort Blora adalah sebagai keterangan ahli yaitu keterangan dibuat oleh seorang ahli sidik jari. Sidik jari juga dapat dikategorikan sebagai alat bukti surat yaitu surat keterangan yangn dibuat oleh penyidik identifikasi. Slain itu sidik jari juga dikategorikan sebagai alat bukti petunjuk yang memberikan petunjuk bagi penyidik yang didukung dengan keterangan saksi maupun keterangan tersangka. Kekuatan hukum sidik jari dalam upaya pembuktian tindak pidana pembunuhan di Kepolisian Resort Blora adalah kuat dan sah sebagaimana diatur dalam Pasal 184 ayat (1) KUHAP. Kata kunci : kedudukan hukum, kekuatan hukum, sidik jari, pembunuhan

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 31 Aug 2023 07:53
Last Modified: 31 Aug 2023 07:53
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30869

Actions (login required)

View Item View Item