PERAN DIVISI KEIMIGRASIAN KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA JAWA TENGAH DALAM PENGAWASAN DAN PENINDAKAN ORANG ASING DI WILAYAH SATUAN KERJA JAWA TENGAH

Fariyana, Meychyka Bella (2023) PERAN DIVISI KEIMIGRASIAN KANTOR WILAYAH KEMENTERIAN HUKUM DAN HAK ASASI MANUSIA JAWA TENGAH DALAM PENGAWASAN DAN PENINDAKAN ORANG ASING DI WILAYAH SATUAN KERJA JAWA TENGAH. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
20302100061_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (71kB)

Abstract

Indonesia sebagai Negara dengan potensi yang baik dalam segala hal, menjadi salah satu tujuan utama bagi orang asing untuk datang ke wilayah Negara Indonesia. Hal ini menyebabkan meningkatnya arus orang yang masuk dan keluar wilayah Negara Indonesia. Apalagi di era perdagangan bebas ini, banyak orang asing yang ingin mengembangkan bisnis dan usaha di Negara Indonesia. Mereka menganggap Negara Indonesia adalah Negara yang kaya akan sumber daya dan masih banyak peluang untuk mengeksplorasi kekayaan Negara Indonesia menjadi sebuah bisnis dan usaha yang menjanjikan. Dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, transportasi dan komunikasi, jarak antar suatu Negara yang satu dengan Negara lainnya menjadi dekat. Masyarakat saat ini dengan mudahnya dapat melakukan perjalanan dari suatu negara ke negara lainnya dengan waktu yang relatif cepat. Imigrasi adalah lembaga negara yang vital bagi lalu lintas perpindahan penduduk antar negara. Keberadaan peraturan keimigrasian merupakan atribut yang sangat penting dalam menegakkan kedaulatan hukum. Provinsi Jawa Tengah merupakan provinsi tujuan wisata, bekerja dan belajar, oleh karenanya pasti akan banyak berlalu-lalang orang asing yang hendak berwisata, bekerja dan belajar. Dengan demikian Divisi Keimigrasian Jawa Tengah sangat berperan aktif untuk menjalankan tugas dan fungsinya sesuai peraturan undang-undang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis peran, kendala dan solusi Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah dalam pengawasan dan penindakan orang asing di wilayah satuan kerja Jawa Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis sosiologis. Spesifikasi penelitian ini adalah deskriptif analisis. Metode pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan studi dokumen. Metode analisa data menggunakan deskriptif kualitatif. Teori-teori yang digunakan adalah teori peran, teori pengawasan dan teori kepastian hukum. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah telah melaksanakan peran dalam pengawasan dan penindakan orang asing di wilayah satuan kerja Jawa Tengah dengan baik, dan kendala Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah dalam pengawasan dan penindakan orang asing di wilayah satuan kerja Jawa Tengah adalah kurangnya jumlah anggaran dan sumber daya manusia di Divisi Keimigrasian, oleh karena itu Divisi Keimigrasian membuat rencana kerja terkait perjalanan dinas luar, menentukan jadwal pemberangkatan, anggaran keuangan dan anggota yang berangkat dan melakukan koordinasi dengan Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Jawa Tengah terkait adanya pelatihan teknis imigrasi untuk diusulkan pegawai yang ikut. Kata Kunci : Pengawasan; Penindakan; Orang Asing; Jawa Tengah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:47
Last Modified: 31 Aug 2023 06:47
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30864

Actions (login required)

View Item View Item