PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP KELALAIAN PENGEMUDI KENDARAAN BERMOTOR YANG MENGAKIBATKAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI WILAYAH HUKUM POLRES MAJALENGKA

Riskandar, Erik (2023) PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP KELALAIAN PENGEMUDI KENDARAAN BERMOTOR YANG MENGAKIBATKAN KECELAKAAN LALU LINTAS DI WILAYAH HUKUM POLRES MAJALENGKA. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
20302100036_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (212kB)

Abstract

Pemerintah mempunyai tujuan untuk mewujudkan lalu lintas dan angkutan jalan yang selamat, aman, cepat, lancar, tertib dan teratur, nyaman dan efisien melalui manajemen lalu lintas dan rekayasa lalu lintas , namun dengan jumlah kendaraan bermotor yang semakin banyak, menambah tingkat permasalahan-permasalahan yang ada di lalu lintas. Kemacetan dan kecelakaan lalu lintas merupakan permasalahan yang sampai saat ini belum dapat terselesaikan, bahkan semakin bertambah jumlah kemacetan dan kecelakaan lalu lintas yang ada. Kecelakaan lalu lintas terjadi bukanlah karena ada niat dari pelaku, tetapi umumnya karena faktor kelalaian dan kurang disiplin pengemudi berkendara di jalan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis faktor yang menjadi penyebab terjadinya kecelakaan lalu lintas akibat dari kelalaian pengemudi kenderaan bermotor di wilayah Hukum Polres Majalengka dan untuk mengetahui dan menganalisis Pertanggungjawaban Pidana terhadap kelalaian pengemudi kenderaan bermotor yang mengakibatkan kecelakaan di wilayah Hukum Polres Majalengka. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori penegakan hukum dan teori pertanggungjawaban pidana. Penelitian ini menggunakan pendekatan yuridis empiris dan sifat penelitian ini adalah deskriptif analitis. Pengambilan data dilakukan melalui studi kepustakaan dalam rangka memperoleh data sekunder, baik yang berupa bahan hukum primer, bahan hukum sekunder, maupun bahan hukum tertier. Untuk mendukung penelitian yang telah dilakukan, dilaksanakan pula penelitian lapangan dalam rangka memperoleh data primer yang menunjang data sekunder. Adapun teknis analisis yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kecelakaan lalu lintas sebagai suatu peristiwa yang sering terjadi disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya yaitu faktor manusia yang paling dominan menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Faktor kendaraan dikarenakan kendaraan yang tidak layak untuk dijalankan. Faktor jalan dikarenakan keadaan jalan yang tidak bagus. Faktor lingkungan/ cuaca yang bukan menjadi kuasa atau kehendak manusia itu sendiri melainkan keadaan yang sulit untuk dicegah seperti hujan lebat atau pandangan tertutup oleh kabut tebal. Pertanggungjawaban pidana pengemudi kendaraan yang mengakibatkan kecelakaan lalu lintas yang dimulai dari tahap penyidikan, penuntutan hingga persidangan pengadilan hampir sama dengan proses hukum beracara yang ada dalam KUHAP. hanya perbedaannya terletak apakah sewaktu pemeriksaan di tingkat penyidikan kedua belah pihak ada melakukan suatu perdamaian atau tidak, karena perkara tindak pidana kecelakaan lalu-lintas jarang sekali dimunculkan di pengadilan, namun apabila salah satu pihak tidak merasa puas atas pemeriksaan di tingkat kepolisian. Maka pihak yang dirugikan tersebut melanjutkan perkaranya sampai ke pengadilan, agar pihak yang dirugikan tersebut mendapatkan keadilan dalam hukum. Kata Kunci: Pertanggungjawaban, Kelalaian Pengemudi, Kecelakaan Lalu Lintas

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:54
Last Modified: 31 Aug 2023 06:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30844

Actions (login required)

View Item View Item