ANALISIS YURIDIS PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN (STUDI KASUS PERKARA NO. 51/PID.B/2022/PN Bnr)

Mulyana, Andika Lilik (2023) ANALISIS YURIDIS PERTANGGUNGJAWABAN PIDANA TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENCURIAN (STUDI KASUS PERKARA NO. 51/PID.B/2022/PN Bnr). Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM SULTAN AGUNG.

[img] Text
20302100013_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (64kB)

Abstract

Pencurian merupakan kejahatan yang ditujukan terhadap harta benda dan sering terjadi di dalam masyarakat. Seseorang yang melakukan perbuatan melawan hukum atau kejahatan maka adanya kewajiban untuk melakukan pertangungjawaban. Untuk menjatuhkan pidana, harus dipenuhi unsur-unsur tindak pidana yang terdapat dalam suatu pasal agar penjatuhan sanksi terhadap pelaku sesuai dengan apa yang diperbuat oleh pelaku. Penulisan ini merumuskan 3 (tiga) hal yaitu: penilaian sifat melawan hukum tindak pidana pencurian, dan pertanggungjawaban pidana terhadap pelaku tindak pidana pencurian berdasarkan studi kasus perkara No. 51/Pid.B/2022/PN Bnr. Metode pendekatan yang digunakan adalah yuridis normatif yaitu sebuah penelitian hukum kepustakaan yang dilakukan dengan cara meneliti bahan-bahan pustaka atau data sekunder belaka dengan menggunakan metode berpikir deduktif. Spesifikasi penulisan menggunakan deskriptif analisis, sumber dan jenis data yang digunakan adalah data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data dengan melakukan pengumpulan data menggunakan metode pengumpulan data sekunder. Permasalahan dianalisis dengan teori pertanggungjawaban pidana, teori penafsiran hukum serta teori keadilan. Tindak pidana pencurian adalah salah satu tindak pidana terhadap kepentingan individu yang merupakan kejahatan terhadap benda/kekayaan Penilaian sifat melawan hukum adalah salah satu unsur dari adanya tindak pidana. Dalam perkara kasus Putusan Nomor 51/Pid.B/2022/PN Bnr bahwa terdakwa yang terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana pencurian sebagaimana yang telah di atur dan diancam pidana dalam dakwaan tunggal Pasal 362 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana telah memenuhi semua unsur-unsur dengan menjatuhkan hukuman kepada terdakwa Achmad Santosa alias Santo Bin Sarbini oleh karena itu dengan pidana penjara 2 (dua) tahun dan pada persidangan semua unsur-unsur pada Pasal 362 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana telah terpenuhi dan terbukti dalam persidangan. Pertanggungjawaban pelaku tindak pidana pencurian (Studi Kasus Perkara Nomor 51/Pid.B/2022/PN Bnr) Putusan Majelis Hakim dalam menjatuhkan vonis hukum penjara kepada terdakwa Achmad Santosa alias Santo Bin Sarbini selama 2 (dua) tahun penjara kepada terdakwa karena telah terbukti memenuhi seluruh unsur dari pasal yang terdapat dalam Pasal 362 Kitab Undang-Undang Hukum. Kata Kunci : Pertanggungjawaban Pidana, Tindak Pidana, Pencurian

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 3 UNISSULA
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:14
Last Modified: 30 Aug 2023 07:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30826

Actions (login required)

View Item View Item