COVER NOTE NOTARIS UNTUK PENYELESAIAN HAK TANGGUNGAN DALAM PERKREDITAN DI PERBANKAN (Studi di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Purwodadi)

HARVIYANA, MARISA (2022) COVER NOTE NOTARIS UNTUK PENYELESAIAN HAK TANGGUNGAN DALAM PERKREDITAN DI PERBANKAN (Studi di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. Cabang Purwodadi). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (297kB)
[img] Text
21301900127_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Covernote biasanya di keluarkan oleh Notaris karena Notaris belum menyelesaikan pekerjaannya yang berkaitan dengan persyaratan yang belum dipenuhi oleh para pihak untuk menerbitkan sebuah akta. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu : Dasar hukum dan kewenangan notaris dalam menerbitkan covernote, Pertanggungjawaban cover note Notaris dalam penyelesaian pembuatan Hak Tanggungan, Akibat hukum yang ditimbulkan apabila Notaris lalai dalam memberikan cover note untuk penyelesaian pembuatan Hak Tanggungan apabila kredit macet. Tujuan penelitian ini adalah Mengetahui dan menganalisis pengaturan atau dasar hukum serta kewenangan Notaris dalam menerbitkan Cover Note, Mengetahui dan menganalisis tanggung jawab Notaris terhadap Cover Note dalam penyelesaian pembuatan Hak Tanggungan, Mengetahui dan menganalisis akibat bila Notaris lalai dalam memberikan Cover Note untuk penyelesaian pembuatan Hak Tanggungan apabila kredit macet. Metode penelitian yang digunakan adalah yuridis normative, Spesifikasi penelitian bersifat deskriptif analitis. Sumber data terdiri bahan hukum primer, sekunder, tersier. Pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan. Penyajian data disajikan secara naratif. Analitis data secara yuridis-kualitatif. Berdasarkan hasil kesimpulan bahwa Covernote tidak diatur dalam peraturan perundangan atau hukum positif di Indonesia. Penerbitan dan pembuatan covernote oleh notaris tidak memiliki dasar hukum. Tanggung jawab Notaris terhadap covernote yang dibuat dalam pemberian kredit oleh bank terbatas hanya pada covernote yang dibuat oleh Notaris tersebut sudah habis masa berlakunya. Akibat hukum bagi Notaris jika gagal dalam melaksanakan covernote, maka Notaris dapat dimintakan pertanggungjawaban untuk segera menyelesaikannya. Saran dari kesimpulan yaitu Perlu adanya pengaturan dalam pembuatan covernote, seperti mengatur tatacara pembentukan, syarat yang harus dipenuhi hingga penerbitannya kedalam Undang - Undang Jabatan Notaris. Notaris lebih berhati-hati dalam menjalankan tugasnya, terutama dalam menerbitkan covernote. Notaris harus menyelesaikan tugas dan tanggung jawabnya terhadap perbankan secara profesional tepat pada waktu yang telah ditetapkan agar tidak menimbulkan kerugian bagi pihak lain. Kata kunci: Perbankan, Hak Tanggung, Notaris, Covernote.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2023 06:36
Last Modified: 25 Aug 2023 06:36
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30784

Actions (login required)

View Item View Item