Murdiningrum, Nurmawati (2023) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN TRANSPARANSI HAK TANGGUNGAN TERINTEGRASI ELEKTRONIK MELALUI PENGELOLAAN ARSIP SECARA DIGITAL DI BADAN PERTANAHAN NASIONAL KOTA SALATIGA. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.
Text
pernyataan_publikasi.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
|
Text
21302000060_fullpdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, pelayanan pertanahan, khususnya terkait dengan hak tanggungan, yang diberikan oleh Kementerian ATR/BPN terus menerus dilakukan perbaikan guna dapat memberikan pelayanan publik bidang pertanahan yang baik kepada masyarakat maupun pengguna layanan pertanahan, melalui Permen ATR/BPN Nomor 5 Tahun 2020 tentang Pelayanan Hak Tanggungan Terintegrasi Secara Elektronik (HT-el). Oleh karena itu, tujuan penulisan adalah untuk mengetahui efektifitas pelaksanaan transparasi Hak tanggungan elektronik melalui pengelolaan arsip secara digital di BPN Salatiga, kendala yang dihadapi serta solusi yang ditempuh. Pendekatan yang digunakan dalam penulisan adalah yuridis empiris. Spesifikasi penelitian menggunakan deskriptif analitis. Sumber data penelitian adalah data primer dan sekunder. Teknik untuk mengumpulkan data menggunakan wawancara dan observasi. Teknik analisis data menggunakan kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Layanan HT-el lebih efektif dibanding layanan HT Konvensional, karena dapat dilaksanakan secara online, sehingga pengguna yaitu kreditor (Bank) atau Notaris (PPAT) tidak harus datang ke Kantor BPN setempat untuk mengurus Hak Tanggungan, dan data permohonan HT-el disimpan pada database sehingga memudahkan proses pencarian dokumen, serta Dokumen elektronik (HK-el) mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan dokumen tercetak; (2) Kendala yang dihadapi dalam layanan HT-el dapat disebabkan oleh faktor internal (keandalan sistem jaringan komputer BPN untuk melayani HT-el) dan faktor eksternal (kapasitas pengguna dalam mengoperasikan jaringan komputer HT-el). Untuk itu, SDM Kantor BPN dan pengguna meningkat pemahaman dan ketrampilan tentang sistem jaringan komputer.Apabila pengguna salah menginput data, maka target waktu pelayanan yang telah ditetapkan pada undang-undang tidak dapat terlaksana, dan pengguna harus mengurus ulang secara offline (datang langsung ke Kantor BPN). Solusi yang perlu dilakukan adalah Kantor BPN Kota Salatiga gencar melakukan sosialisasi tentang HT-el, memberikan konsultasi tentang HT-el kepada para pengguna, dan meningkatkan profesionalisme SDM (teknisi) tentang teknologi sistem jaringan komputer Kata kunci : Efektivitas, Transparansi, Layanan HT-el, Hak tanggungan
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Pascasarjana Pascasarjana > Magister Kenotariatan |
Depositing User: | Pustakawan Reviewer UNISSULA |
Date Deposited: | 25 Aug 2023 04:03 |
Last Modified: | 25 Aug 2023 04:03 |
URI: | http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30777 |
Actions (login required)
View Item |