ANALISIS YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN KONDOMINIUM HOTEL ANTARA PT. BANUA ANUGERAH SEJAHTERA (PT. BAS) DENGAN PEMILIK CONDOTEL GRAND BANUA DI KABUPATEN BANJAR

Susanto, Himawan (2023) ANALISIS YURIDIS TERHADAP PELAKSANAAN PERJANJIAN KONDOMINIUM HOTEL ANTARA PT. BANUA ANUGERAH SEJAHTERA (PT. BAS) DENGAN PEMILIK CONDOTEL GRAND BANUA DI KABUPATEN BANJAR. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (161kB)
[img] Text
21302000128_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kondominium hotel merupakan akomodasi yang dapat dijadikan alternatif dalam menunjang mobilitas tinggi masyarakat dewasa ini. Hal ini membuat Condotel berkembang pesat di Indonesia, namun demikian perkembangan tersebut tidak sejalan dengan keberadaan pengaturan hukum yang jelas. Tesis ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis konstruksi hukum perjanjian kondominium hotel dalam konsepsi kepastian hukum dan untuk mengetahui dan menganalisis pelaksanaan perjanjian kondominium hotel antara PT Banua Anugerah Sejahtera dengan pemilik Condotel Grand Banua di Kabupaten Banjar. Metode pendekatan yang dipergunakan dalam penelitian hukum kualitatif ini adalah metode pendekatan yuridis sosiologis, yaitu suatu pendekatan dengan mencari informasi melalui wawancara secara langsung dengan informan secara empiris terlebih dahulu dan kemudian dilanjutkan dengan mengadakan penelitian data sekunder yang terdapat pada studi kepustakaan melalui langkah teoritik. Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa pelaksanaan perjanjain kondominium hotel selama ini belum memiliki pijakan yuridis di Indonesia hal ini mengakibatkan banyaknya pengembang maupun pembangun yang tidak jarang mencari untung besar tanpa mengindahkan asas etikad baik dalam perjanjian jhual beli dan pengelolaan kondominium hotel. Adapun kelemahan yang membuat kebijakan perjanjian kondominium hotel di Indonesia belum berkeadilan ialah kelemahan peraturan perundang-undangan berupa tidak diaturnya metari muatan perjanjian kondominium hotel dan kedudukan kondominium hotel dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2011, kelemahan penegakan hukum berupa tifak adanya pengawasan terkait jalannya perjanjian jual beli dan pengelolaan kondominium hotel, dan factor kebiasaan pelaku pengembangan dan pembangunan kondominium hotel yang banyak mencari keuntungan melalui perjanjian jual beli dan pengelolaan kondominium hotel dengan mengenyampingkan konsumen atau pemilik kondominium hotel. Solusi yang dpata dilakukan ialah dengan membuat peraturan hukum secara khusus terkait kondominium hotel, mengingat kondominium hotel berbeda dengan kondominium secara umum. Kata Kunci: Analisis, Kondominium Hotel, Perjanjian, Yuridis.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 25 Aug 2023 03:33
Last Modified: 25 Aug 2023 03:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30767

Actions (login required)

View Item View Item