Pelaksanaan Wakaf orang pribadi kepada Yayasan Pendidikan atas tanah Hak Pengelolaan Lahan (HPL) Badan Pengusahaan (BP) Batam

ASTUTI, SERA (2023) Pelaksanaan Wakaf orang pribadi kepada Yayasan Pendidikan atas tanah Hak Pengelolaan Lahan (HPL) Badan Pengusahaan (BP) Batam. Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text
21302100069_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Menurut syariat islam wakaf sudah sah apabila sudah ada shighat yaitu pernyataan ikrar wakaf secara lisan, namun agar tidak menimbulkan sengketa maupun permasalahan hukum dikemudian hari pelaksanaan wakaf perlu didaftaran dan di catatkan. Bagaimana pelaksanaan wakaf dari orang pribadi kepada yayasan pendidikan atas tanah Hak Pengelolaan Lahan (HPL) Badan Pengusahaan (BP) Batam dan Bagaimana akibat pelaksanaan wakaf orang pribadi kepada yayasan pendidikan atas Tanah Hak Pengelolaan Lahan (HPL) Badan Pengusahaan (BP) Batam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa pelaksanaan wakaf dari orang pribadi kepada yayasan pendidikan atas tanah Hak Pengelolaan Lahan (HPL) Badan Pengusahaan (BP) Batam dan untuk mengetahui dan menganalisa akibat pelaksanaan wakaf orang pribadi kepada yayasan pendidikan atas Tanah Hak Pengelolaan Lahan (HPL) Badan Pengusahaan (BP) Batam. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah yuridis sosiologis, menggunakan data sekunder pada awalnya dan dilanjutkan dengan data primer atau data dilapangan , dalam penelitian ini penulis mendapatkan data primer dengan cara wawancara secara langsung kepada subjek penelitian dan didukung dengan data sekunder berupa Bahan Hukum Primer, Bahan Hukum sekunder dan Bahan Hukum Tersier. Metode analisis data menggunakan metode analisis kualitatif yaitu data yang diperoleh disusun secara sistematis kemudian dianalisis secara kualitatif agar dapat diperoleh kejelasan masalah yang akan dibahas. Permasalahan di analisis dengan teori kepastian hukum dan teori bekerjanya hukum : Pelaksanaan Wakaf Orang Pribadi Kepada Yayasan Pendidikan atas Tanah Hal Pengelolaan Lahan (HPL) Badan Pengusahaan (BP) Batam harus dicatatkan sesuai peraturan dan perundang-undangan yang mengatur agar mendapatkan kepastian hukum, dan rumitnya dan berbelitnya serta sistem biroksasi pendaftaran perwakafan di Batam mengakibatkan tidak didaftarkannya perwakafan. Kata Kunci : Pelaksanaan Wakaf, Hak Pengelolaan Lahan (HPL), Badan Pengusahaan (BP)

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:25
Last Modified: 23 Aug 2023 06:25
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30733

Actions (login required)

View Item View Item