IMPLIKASI YURIDIS TERHADAP PERUBAHAN PENULISAN NAMA PADA AKTA KELAHIRAN ANAK (STUDI PENETAPAN NOMOR 60/PDT.P/2021/PN. Pwt)

RIYATI, YENI (2022) IMPLIKASI YURIDIS TERHADAP PERUBAHAN PENULISAN NAMA PADA AKTA KELAHIRAN ANAK (STUDI PENETAPAN NOMOR 60/PDT.P/2021/PN. Pwt). Masters thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (128kB)
[img] Text
21302100081_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Nama adalah suatu tanda yang diperlukan untuk membedakan orang yang satu dengan orang lain yang juga digunakan sebagai tanda diri, serta identifikasi seseorang sebagai subjek hukum. Nama merupakan identitas yang sangat penting karena nama merupakan atribut yang sangat pribadi, yang memiliki fungsi sebagai identitas seseorang, sehingga jika seseorang akan mengubah atau mengganti nama maka memerlukan proses penggantian nama. Oleh karena itu tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur dan menganalisis perubahan nama pada akta kelahiran anak dalam konsepsi kepastian hukum,serta untuk mengetahui implikasi Yuridis terhadap perubahan penulisan nama pada akta kelahiran anak. Metode pendekatan yang digunakan berdasarkan penelitian hukum yang menggunakan metode pendekatan normatif. Jenis data yang dipakai dalam penelitian ini ialah data sekunder, yang bersumber dari : bahan hukum primer, bahan hukum sekunder dan bahan hukum tersier ,ditambah dengan teoari negara hukum dan kepastian hukum . Hasil penelitian ini menyebutkan bahwa prosedur penggantian nama harus dilakukan dengan beberapa cara, yaitu melalui di Pengadilan Negeri dan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil. Proses penggantian nama di mulai dari melakukan permohonan penggantian nama di Pengadilan Negeri untuk mendapatkan penetapan. Tahap selanjutnya adalah mencatatkan penggantian nama pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, pencatatan dilakukan untuk mendapatkan suatu bukti tertulis, yang berupa catatan pinggir. Dari peristiwa penggantian nama tersebut menimbulkan beberapa implikasi hukum yaitu identitas kependudukan dan kepastian hukum atas kepemilikan dokumen pribadi menjadi terlindungi, tidak menimbulkan masalah dalam hak atas surat-surat otentik, serta setelah menggunakan nama baru dalam menggunakan hak dan melaksanakan kewajiban menggunakan nama baru. Kata kunci: implikasi, yuridis, perubahan nama, akta kelahiran

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Pascasarjana
Pascasarjana > Magister Kenotariatan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 23 Aug 2023 06:14
Last Modified: 23 Aug 2023 06:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30728

Actions (login required)

View Item View Item