ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI SAP (SYSTEMS APPLICATIONS AND PRODUCTS IN DATA PROCESSING) PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) KANWIL XI SEMARANG UNTUK SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PENGELUARAN KAS

Ghonimah, Umu (2023) ANALISIS PENGGUNAAN APLIKASI SAP (SYSTEMS APPLICATIONS AND PRODUCTS IN DATA PROCESSING) PADA PT. PEGADAIAN (PERSERO) KANWIL XI SEMARANG UNTUK SISTEM PENGENDALIAN INTERN ATAS PENGELUARAN KAS. Diploma thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi (D3)_49402000063_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi (D3)_49402000063_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB)

Abstract

Tugas Akhir ini bertujuan untuk menggambarkan Penggunaan Aplikasi SAP untuk Sistem Pengendalian Intern khususnya Pengeluaran Kas di PT. Pegadaian (Persero) Kanwil XI Semarang. Sistem Pengendalian Intern atas Pengeluaran Kas yang telah diimpelementasikan di PT. Pegadaian (Persero) Kanwil XI Semarang yaitu menggunakan aplikasi internal yang bernama SAP. Data untuk tugas akhir ini diperoleh dari pengamatan dan wawancara secara langsung dengan pihak yang terkait di PT. Pegadaian (Persero) Kanwil XI Semarang yang kemudian dianalisis secara mendalam untuk memperoleh gambaran rill yang terjadi pada perusahaan tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini adalah teknik analisis deskriptif kualitatif yaitu mengambarkan dan menjelaskan secara rinci permasalahan yang sedang diteliti di lapangan. Hasil pengamatan dan wawancara tersebut menunjukkan bahwa Penggunaan Aplikasi SAP Untuk Sistem Pengendalian Intern khususnya Pengeluaran Kas di PT. Pegadaian (Persero) Kanwil XI Semarang masih kurang maksimal dalam implementasinya. Oleh karena itu, perlu adanya penanganan oleh perusahaan dengan mengimplementasikan sistem pengendalian intern yang baik sesuai dengan SOP (Standar Operational Prosedure). Dengan adanya sistem pengendalian intern atas pengeluaran kas yang baik dan benar nantinya akan memudahkan perusahaan dalam melakukan pengontrolan setiap pengeluran kas perusahaan. Kata Kunci : Aplikasi SAP, Sistem Pengendalian Intern, Pengeluaran Kas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi (D3)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:42
Last Modified: 30 Aug 2023 07:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30723

Actions (login required)

View Item View Item