SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN PEGAWAI NON ASN DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA TENGAH BERBASIS FINANCIAL TECHNOLOGY

Nadhiroh, Ana Malikatun (2023) SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENGGAJIAN PEGAWAI NON ASN DI DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN PROVINSI JAWA TENGAH BERBASIS FINANCIAL TECHNOLOGY. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi (D3)_49402000062_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Akuntansi (D3)_49402000062_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk mengetahui sistem yang memudahkan dalam pengolahan gaji. Sistem penggajian merupakan rangkaian dari kegiatan yang saling berkaitan untuk meningkatkan efisiensi perusahaan dalam segi waktu serta ketepatan dalam proses penggajian. Tujuan diberlakukannya penelitian ini sebagai sumber data implementasi sistem dan prosedur yang digunakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa tengah dalam pengolahan gaji pegawai Non ASN. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti yakni dengan wawancara secara langsung kepada pengelola penggajian pegawai di kantor instansi, mengumpulkan studi pustaka berdasarkan arsip instansi, tesis dan sumber lainnya. Selain daripada itu, peneliti juga melakukan pengamatan serta turut terjun secara langsung dalam praktek pengerjaan sistem agar memperoleh kesesuaian atas kebenaran pengerjaan pengolahan gaji tersebut. Berdasarkan hasil pengamatan dan pembahasan, sistem penggajian yang digunakan oleh instansi yakni aplikasi E-Penatausahaan, namun masih terdapat beberapa kekurangan terhadap sistem dimana aplikasi E-Penatausahaan belum sepenuhnya mendukung pada sistem penggajian yang digunakan dikarenakan kekurangan pemanfataan financial technology dalam pengolahan sistem penggajian, serta pengendalian internal yang belum terorganisir dengan baik sehingga memberi peluang adanya kecurangan atau kesalahan. Melihat hal tersebut, peneliti mencoba memanfaatkan financial technology dalam sistem penggajian untuk memberikan gambaran sistem penggajian yang lebih terorganisir dengan tambahan bagian yang terlibat, komponen gaji yang diberikan, serta terdapat otorisasi sebagai bentuk pengendalian internal, dan tambahan komponen slip gaji yang diberikan kepada pegawai Non ASN setiap bulannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi (D3)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 30 Aug 2023 07:40
Last Modified: 30 Aug 2023 07:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30722

Actions (login required)

View Item View Item