ANALISIS SISTEM DROPPING POLLING DANA MENGGUNAKAN APLIKASI SAP (System Application and Product in data processing) PADA KANTOR WILAYAH XI PT. PEGADAIAN (Persero)

Yuliani, Tiara Dwi (2023) ANALISIS SISTEM DROPPING POLLING DANA MENGGUNAKAN APLIKASI SAP (System Application and Product in data processing) PADA KANTOR WILAYAH XI PT. PEGADAIAN (Persero). Diploma thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi (D3)_49402000049_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB)
[img] Text
Akuntansi (D3)_49402000049_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tugas Akhir ini bertujuan untuk menggambarkan Sistem Akuntansi khususnya Sistem Informasi Akuntansi Dropping dan Polling dana yang terjadi di Kantor Wilayah XI Semarang PT. Pegadaian (Persero). Dropping dana merupakan Sistem Pengeluaran Bank menyetorkan Modal Kerja ke kantor cabang dengan pencatatan dan pembukuan menggunakan Aplikasi SAP (System Application and Product in data processing). Serta Polling sendiri yang merupakan Penerimaan Bank dari penarikan kembali Modal Kerja dari kantor cabang ke kantor wilayah. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Sistem Dropping dan Polling dana. Data untuk tugas akhir ini diperoleh dari pengamatan dan wawancara secara langsung dengan pihak Instansi Kantor Wilayah XI Semarang PT. Pegadaian (Persero), yang kemudian dianalisis secara mendalam untuk memperoleh gambaran riil yang terjadi di Instansi Kantor Wilayah XI Semarang PT. Pegadaian (Persero). Hasil pengamatan dan wawancara tersebut menunjukkan bahwa Sistem Akuntansi Dropping dan Polling dana pada Kantor Wilayah XI Semarang PT. Pegadaian (Persero) sudah berjalan baik, dilihat dari sistem pengotorisasian telah dilakukan hanya oleh manajer dan Kepala Bagian Akuntansi apabila Manajer berhalangan. Dokumen dalam Sistem Akuntansi Pengeluaran Bank dari Dropping dana ke Kantor Cabang belum memenuhi kriteria baik, karena Kantor Cabang belum menggunakan bukti sah dan tanda tangan Kepala Cabang untuk meminta Modal Kerja ke Kantor Wilayah. Sistem Akuntansi Penerimaan Bank dari Polling dana dari Kantor Cabang ke Kantor Wilayah juga belum berjalan baik dari sistem penarikan dana, dilihat dari Kantor Cabang yang terkadang terlambat menyetorkan kembali Modal Kerja ke Kantor Wilayah. Kata kunci: Analisis Sistem Dropping dan Polling dana, Aplikasi SAP (System Application and Product in data processing)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi (D3)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 30 Aug 2023 06:56
Last Modified: 30 Aug 2023 06:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30710

Actions (login required)

View Item View Item