HUBUNGAN ANTARA INDEKS MASSA TUBUH DENGAN KADAR GULA DARAH PUASA Studi Observasional Analitik pada Mahasiswa Kedokteran Unissula Angkatan 2021

NASUTION, DANY RISKY YOANSYAH (2023) HUBUNGAN ANTARA INDEKS MASSA TUBUH DENGAN KADAR GULA DARAH PUASA Studi Observasional Analitik pada Mahasiswa Kedokteran Unissula Angkatan 2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
30101507418_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Indeks Massa Tubuh adalah teknik atau alat langsung yang dapat digunakan untuk mengevaluasi status gizi seseorang. Menjaga status gizi yang baik memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar gula darah, sangat penting untuk mengevaluasi indeks massa tubuh (IMT), yang berhubungan dengan kadar gula darah, khususnya gula darah puasa. 13,4 persen orang Indonesia memiliki indeks massa tubuh (IMT) 25 atau lebih, dan tingkat prevalensi diabetes pada orang dewasa di Indonesia meningkat dari 6,9 persen menjadi 8,5 persen antara tahun 2013 dan 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji hubungan indeks massa tubuh (IMT) dengan kadar gula darah puasa pada mahasiswa angkatan 2021 Fakultas Kedokteran Unissula. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain Cross Sectional, dan sampel sebanyak 30 orang diambil dengan menggunakan simple random sampling di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung dan merupakan mahasiswa Kedokteran Angkatan 2021, selama September-Oktober 2022 dengan Spearman Analisis tes. Hasil data IMT dan kadar gula darah puasa dianalisis nilai normalitasnya menggunakan uji Shapiro Wilk dengan nilai 0,000 (p<0,05), sehingga dinyatakan data tidak terdistribusi secara normal. Kemudian uji homogenitas data menggunakan Levene test menunjukkan nilai 0,000 (p<0,05), sehingga dinyatakan variasi data tidak homogen. Analisis dilanjutkan dengan uji non parametrik Spearman. Didapatkan nilai signifikansi 0,098 (p>0,05), sehingga dinyatakan tidak terdapat hubungan yang signifikan antara indeks massa tubuh dan kadar gula darah puasa. Kesimpulan pada penelitian ini yaitu tidak terdapat hubungan antara indeks massa tubuh dengan kadar gula darah puasa dengan nilai p=0,098. Kata kunci : Indeks massa tubuh, kadar gula darah puasa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 22 Aug 2023 06:48
Last Modified: 03 Apr 2024 02:15
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30702

Actions (login required)

View Item View Item