HUBUNGAN ANTARA DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN KEJADIAN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSI SULTAN AGUNG (Studi Pada Pasien Penyakit Dalam pada Tahun 2016-2020)

Fitriyani, Rulita Ika (2023) HUBUNGAN ANTARA DIABETES MELITUS TIPE 2 DENGAN KEJADIAN PENYAKIT GINJAL KRONIK DI RSI SULTAN AGUNG (Studi Pada Pasien Penyakit Dalam pada Tahun 2016-2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB)
[img] Text
30101507553_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Diabetes melitus apabila tidak tertangani secara benar, maka dapat mengakibatkan berbagai macam komplikasi. Ada dua komplikasi pada diabetes melitus yaitu komplikasi akut dan komplikasi kronik. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mengidentifikasi hubungan antara Diabetes Melitus tipe 2 dengan kejadian penyakit ginjal kronik di RSI Sultan Agung Semarang. Penelitian ini berjenis analisa observasional dengan metode cross-sectional pada sampel sebanyak 100 data rekam medis pasien rawat inap yang menderita diabetes militus tipe 2 dan penyakit ginjal kronis di RSI Sultan Agung periode Januari 2016 - Desember 2020. Berdasarkan pada hasil uji Chi-Square diperoleh nilai p-value sebesar 0,045 < 0,05. Ini berarti ditemukan adanya hubungan signifikan antara penyakit diabetes militus tipe 2 dengan kejadian penyakit ginjal kronik. Dari hasil analisis ini diperoleh informasi penelitian bahwa terdapat hubungan korelasi antara kadar gula darah yang tinggi dan gagal ginjal kronis yang disebabkan oleh diabetes. Terdapat 8 pasien yang hanya menderita chronic kidney disease tanpa disertai diabetes militus tipe 2. Terdapat 88 pasien yang menderita chronic kidney disease disertai dengan diabetes melitus tipe 2. Untuk jumlah pasien yang menderita chronic kidney disease disertai dengan adanya riwayat diabetes melitus tipe 2 berjumlah paling banyak. Kata kunci: Diabetes Melitus, Penyakit Ginjal Kronik, Penyakit Komplikasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 22 Aug 2023 06:41
Last Modified: 02 Apr 2024 07:28
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30699

Actions (login required)

View Item View Item