HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KLINIK DARING DAN PERFORMA KETERAMPILAN KLINIK (Studi Observasional pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang)

Febrianto, Adhi Nur (2023) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PEMBELAJARAN KETERAMPILAN KLINIK DARING DAN PERFORMA KETERAMPILAN KLINIK (Studi Observasional pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (70kB)
[img] Text
30101800001_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran keterampilan klinik pada kurikulum berbasis kompetensi telah diberikan sejak fase pre-klinik. Kegiatan pembelajaran ini memerlukan laboratorium keterampilan dengan fasilitas yang memadai agar dapat memberikan simulasi yang mendekati konteks nyata dan dilakukan secara tatap muka. Sejak adanya pandemi covid-19 bentuk pembelajaran diubah menjadi daring dan pada umumnya hanya berupa demonstrasi yang diunggah dalam bentuk video. Hal ini menimbulkan kekhawatiran mempengaruhi kualitas pembelajaran dan performa, dan belum adanya pembaharuan dari penelitian sebelumnya sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kualitas pembelajaran keterampilan klinik daring terhadap performa keterampilan klinik. Penelitian observasional analitik dengan rancangan cross-sectional ini melibatkan 197 mahasiswa PSPK Univeristas Islam Sustan Agung angkatan 2020. Kualitas pembelajaran ketrampilan klinik daring diukur dengan kuesioner yang terdiri dari enam sub skala yaitu kurikulum, sumber belajar, sarana dan prasarana, kualitas instruktur, metode dan kesiapan mahasiswa. Kuesioner telah diuji validitas reliabilitas. Data performa menggunakan rerata nilai harian pembelajaran keterampilan klinis yang diisi oleh intruktur. Data dianalisis menggunakan uji korelasi koefisien kontingensi. Hasil uji korelasi antara kualitas pembelajaran keterampilan klinis secara daring dan performa mahasiswa adalah p=0.375 dan r=0,063 Uji korelasi antara kurikulum, sumber belajar, sarana prasarana, kualitas instruktur, metode pembelajaran dan performa keterampilan klinis secara berturut-turut adalah p=0.033, r=0,183; p=0.022, r=0,193; p=0.440; p=0.859; p=0.174 dan p=0.859. Tidak terdapat hubungan yang bermakna antara kualitas pembelajaran keterampilan klinis secara daring dan performa keterampilan klinis mahasiswa. Namun demikian terdapat hubungan yang bermakna antara kurikulum dan performa keterampilan klinis serta kualitas instruktur dan performa keterampilan klinis masing-masing dengan tingkat korelasi yang sangat lemah. Kata Kunci: Keterampilan Klinik, Performa Keterampilan Klinik, Korelasi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 22 Aug 2023 06:36
Last Modified: 03 Apr 2024 06:54
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30697

Actions (login required)

View Item View Item