PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG PENGENDALIAN VEKTOR TERHADAP KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE Studi Observasional Pada Daerah Endemis Tinggi Demam Berdarah Dengue di Kota Semarang

Izzuddin, Anas Haidar (2023) PENGARUH PENGETAHUAN TENTANG PENGENDALIAN VEKTOR TERHADAP KEJADIAN DEMAM BERDARAH DENGUE Studi Observasional Pada Daerah Endemis Tinggi Demam Berdarah Dengue di Kota Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB)
[img] Text
30101800016_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Demam Berdarah Dengue merupakan penyakit infeksi virus akut yang disebabkan oleh virus dengue. Pengetahuan akan memiliki pengaruh signifikan sikap individu dalam mencegah terjadinya penyakit DBD. Pengetahuan yang baik dalam menjaga kebersihan lingkungan akan berdampak pada berkurangnya tempat-tempat potensial sarang nyamuk. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pengetahuan tentang pengendalian vektor terhadap kejadian DBD. Gambaran serta persentase pengetahuan tentang pengendalian vektor DBD juga menjadi tujuan dari penelitian ini. Penelitian ini menggunakan rancangan analitik observasional dengan rancangan cross sectional. Sampel pada penelitian ini berjumlah 60 responden dengan teknik sampling purposive sampling. Data primer diperoleh secara langsung dari penduduk wilayah Kecamatan Kedungmundu Kota Semarang menggunakan kuesioner yang berisi pertanyaan bentuk tertutup pada tanggal 25 November 2021 - 22 Februari 2022. Uji chi square digunakan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan tentang pengendalian vektor pada kejadian DBD. Hasil analisis non parametrik menggunakan chi square didapatkan nilai p = 0.018 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan tentang pengendalian vector terhadap kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di daerah endemis tinggi. Pengetahuan pengendalian vektor yang baik berpotensi menurunkan kejadian DBD. Terdapat pengaruh pengetahuan tentang pengendalian vector terhadap kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Semarang. Kata kunci: DBD (Demam Berdarah Dengue), Pengetahuan Pengendalian Vektor, Virus Dengue.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 22 Aug 2023 06:28
Last Modified: 03 Apr 2024 02:56
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30694

Actions (login required)

View Item View Item