HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI AKADEMIK DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN (Studi Observasional pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung)

Hafida, Azka Nuril (2023) HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI AKADEMIK DENGAN INDEKS PRESTASI AKADEMIK MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN (Studi Observasional pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (152kB)
[img] Text
30101800036_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Motivasi merupakan sesuatu yang membuat seseorang terdorong untuk melakukan sebuah upaya dalam menggapai tujuan atau target yang diharapkan. Dalam dunia pendidikan, motivasi merupakan faktor yang mempengaruhi seorang mahasiswa dalam meningkatkan prestasi akademiknya. Mahasiswa yang mempunyai motivasi tinggi akan memiliki energi yang banyak dalam melakukan kegiatan belajar sehingga mendapatkan indeks prestasi akademik yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan motivas akademik dengan IPK (Indeks Prestasi Kumulatif) pada mahasiswa Program Studi Pendidikan Kedokteran (PSPK) Fakultas Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung. Penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional melibatkan 213 mahasiswa Prodi Pendidikan Kedokteran Unissula Angkatan 2021 untuk menjadi subjek dalam penelitian ini. Tingkat motivasi dinilai dengan kuesioner Academic Motivation Scale (AMS) yang berisi 28 pertanyaan tentang motivasi Intrinsik,ekstrinsik dan amotivasi. Hasil dari penelitian ini didapatkan tingkat motivasi akademik pada mahasiswa PSPK Unissula Angkatan 2021 sebagian besar berada dalam kategori tinggi yaitu 114 mahasiswa (53,52%) kemudian diikuti motivasi sedang sebanyak 99 mahasiswa (46,48%), dan tidak terdapat mahasiswa yang memiliki motivasi rendah. Sedangkan distribusi IPK mahasiswa berada dalam kategori sangat memuaskan sebanyak 155 mahasiswa (72,77%). Uji korelasi Gamma menunjukkan nilai p sebesar 0,856 (p>0,005) dan nilai correlation coefisien sebesar 0,025. Hasil uji korelasi yang diperoleh memperlihatkan bahwa terdapat hubungan yang tidak bermakna antara motivasi akademik dengan IPK pada mahasiswa fakultas kedokteran Prodi Pendidikan Kedokteran Universitas Islam Sultan Agung angkatan 2021. Kata kunci : Motivasi Akademik, Indeks Prestasi Akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 22 Aug 2023 06:24
Last Modified: 03 Apr 2024 03:08
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30692

Actions (login required)

View Item View Item