PENGARUH FAKTOR ANCAMAN PENYAKIT TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 DALAM PENGGUNAAN MASKER (Studi Cross Sectional pada masyarakat perkotaan di Jawa Tengah)

BUKIN, FAIZUL BIMAS (2023) PENGARUH FAKTOR ANCAMAN PENYAKIT TERHADAP PERILAKU PENCEGAHAN COVID-19 DALAM PENGGUNAAN MASKER (Studi Cross Sectional pada masyarakat perkotaan di Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (222kB)
[img] Text
30101800060_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV 2) merupakan virus yang menyebabkan penyakit Coronavirus / Coronavirus disease (COVID- 19) telah dinyatakan sebagai Public Health Emergency of International Concern (PHEIC) oleh WHO. Infeksi Novel Coronavirus (Infeksi 2019-nCoV) telah ditetapkan Keputusan Menteri Kesehatan sebagai bentuk penyakit yang dapat menyebabkan wabah dan upaya pencegahannya. Dikutip dari Alam, Doni Monardo sebagai Ketua Satgas Covid-19, menyebutkan bahwa 90 persen masyarakat memahami penggunaan masker, namun kepatuhan penggunaan masker masih di bawah 70%, bahkan ada beberapa daerah dibawah 50%. Oleh karena itu, diperlukan teori Health Belief Model untuk mengetahui pengaruh faktor seseorang dalam menggunakan masker. Penelitian dilakukan secara Cross Sectional. Lokasi penelitian di provinsi jawa tengah yang dipilih Kota Surakarta, Kota Tegal, Kota Semarang, Kota Magelang, Kota Pekalongan, dan Kota Salatiga. Besar sampel 180 orang di tempat umum. Pengumpulan data bersama dengan tim penelitian dengan Incidental Sampling menggunakan eform dari bulan November 2022 sampai dengan Januari 2023. Data tersebut dianalisis secara deskriptif dan inferensial menggunakan SmartPLS v.3. Hasil analisis menunjukkan bahwa mayoritas responden menggunakan masker dan menggunakan masker menutup hidung dan mulut. Mengetahui dan meyakini bahwa penyakit Covid-19 berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.Terdapat pengaruh langsung antara variabel ancama penyakit terhadap variabel penggunaan masker (p value 0.004). Hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara ancaman penyakit terhadap penggunaan masker. Kata Kunci : Covid-19, Health Belief Model, Penggunaan masker

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:33
Last Modified: 22 Aug 2023 03:33
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30684

Actions (login required)

View Item View Item