PENGARUH MADU DAN HABBATUSSAUDA TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN Studi Eksperimental Tikus Rattus Wistar yang Diinduksi Unilateral Ureteral Obstruction (UUO)

Faidiansyah, Gita Atiqa (2023) PENGARUH MADU DAN HABBATUSSAUDA TERHADAP KADAR HEMOGLOBIN Studi Eksperimental Tikus Rattus Wistar yang Diinduksi Unilateral Ureteral Obstruction (UUO). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
30101800072_fullpdf.pdf

Download (891kB)

Abstract

Habbatussauda dan madu telah sejak lama digunakan sebagai obat. Habbatussauda memiliki kandungan zat aktif yang berkhasiat menjadi antioksidan yaitu thymoquinone. Madu memiliki kandungan flavonoid yang bekerja sebagai antioksidan dan zat besi, vitamin B kompleks, serta asam folat yang bisa meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Kombinasi dari madu dan habbatussauda dapat menimbulkan efek sinergis yang meningkatkan efek antioksidan keduanya, sehingga memiliki efek protektif yang lebih besar terhadap ginjal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari pemberian kombinasi madu dan habbatussauda terhadap kadar hemoglobin pada tikus putih jantan galur wistar yang diinduksi Unilateral Ureteral Obstruction (UUO). Penelitian ini merupakan pre-post test randomized controlled group desigm yang menggunakan tikus putih jantan berjenis Rattu Wistar dalam 6 kelompok yang masing masing berisi 5 ekor tikus. Kelompok 1 (sham operation), Kelompok 2 (kontrol negatif), Kelompok 3 (Irbersartan 13,5 mg/kgBB/hari), Kelompok 4 (kombinasi madu 0,675 mL/200grBB/hari dan habbatussauda 0,5 mL/KgBB), Kelompok 5 (Madu 1,35 mL/200grBB/hari dan habbatussauda 1,0 mL/kgBB) dan Kelompok 6 (Madu 2,025 mL/200grBB/hari dan habbatussauda 2,0 mL/kgBB/hari). Semua perlakuan diberikan selama 21 hari. Tingkat hemoglobin tikus diukur dengan mennggunakan Hematology analyzer. Data pre dan post test dianalisis menggunakan One Way Anova dan uji Post Hoc Tamhane T2. Hasil penelitian didapatkan tingkat hemoglobin pre test tikus yang melalui tindakan UUO mengalami penurunan, sedangakan hasil post test menunjukkan peningkatan tingkat hemoglobin pada tikus yang diberikan kombinasi madu dan habbatussauda. Dari hasil penelitian dapat diambil kesimpulan bahwa pembeian kombinasi madu dan habbatusauda meningkatkan tingkat hemoglobin darah tikus yang diinduksi UUO Kata Kunci: UUO, madu, habbatussauda, hemoglobin

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 22 Aug 2023 03:20
Last Modified: 22 Aug 2023 03:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30682

Actions (login required)

View Item View Item