PENGARUH KOMBINASI DOSIS BERTINGKAT HABBATUSSAUDA DAN MADU TERHADAP PERSENTASE KERUSAKAN TUBULUS PROKSIMAL GINJAL Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar yang diinduksi Unilateral Ureteral Obstruction (UUO)

Balqiszura, Mirella Fatika (2023) PENGARUH KOMBINASI DOSIS BERTINGKAT HABBATUSSAUDA DAN MADU TERHADAP PERSENTASE KERUSAKAN TUBULUS PROKSIMAL GINJAL Studi Eksperimental pada Tikus Putih Jantan Galur Wistar yang diinduksi Unilateral Ureteral Obstruction (UUO). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
30101800102_fullpdf.pdf

Download (13MB)

Abstract

Pemberian habbatussauda dan madu berpotensi mengurangi progresivitas kerusakan ginjal dengan kandungan bioaktif yang dimiliki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kombinasi dosis bertingkat habbatussauda dan madu terhadap persentase kerusakan tubulus proksimal ginjal. Metode pada penelitian ini adalah eksperimental dengan rancangan post-test only controlled group design. Subjek uji adalah 30 ekor tikus putih jantan galur Wistar dirandomisasi menjadi 5 kelompok. Kelompok terdiri atas kelompok I atau kelompok kontrol negatif, kelompok II atau kelompok kontrol positif (UUO dan irbesartan), kelompok III atau kelompok uji dosis 1, kelompok IV atau kelompok uji dosis 2, dan kelompok V atau kelompok uji dosis 3. Penilaian persentase kerusakan tubulus proksimal ginjal dilakukan dengan mengamati jumlah sel yang mengalami kerusakan dengan jumlah sel normal. Analisis statistik menggunakan uji Kruskal-Wallis dan uji beda Mann-Whitney. Hasil menunjukkan kelompok I, II, IV, dan V memiliki gambaran kerusakan jaringan ginjal derajat 1 atau normal sedangkan kelompok III kerusakan jaringan ginjal derajat 2 atau rusak ringan. Gambaran kerusakan jaringan ginjal pada kelompok III berbeda secara signifikan (p<0,05) dengan semua kelompok. Pemberian habbatussauda dan madu dapat berpengaruh terhadap persentase kerusakan tubulus proksimal ginjal tikus yang diinduksi UUO. Kata Kunci: UUO; habbatussauda; madu; kerusakan tubulus proksimal ; ginjal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 22 Aug 2023 02:23
Last Modified: 22 Aug 2023 02:23
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30672

Actions (login required)

View Item View Item