KORELASI ANTARA CT VALUE RT-PCR SARS-COV-2 DENGAN KADAR C-REACTIVE PROTEIN (CRP) (Studi Observasional Analitik pada Pasien COVID-19 yang di Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Agusta, Aldo Bernadine (2023) KORELASI ANTARA CT VALUE RT-PCR SARS-COV-2 DENGAN KADAR C-REACTIVE PROTEIN (CRP) (Studi Observasional Analitik pada Pasien COVID-19 yang di Rawat Inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (52kB)
[img] Text
30101900007_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Coronavirus Disease-19 (COVID-19) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus SARS-CoV-2 dan dapat menyebar melalui saluran pernapasan. Deteksi dini dan tindakan awal klinisi sangat mempegaruhi dari derajat infeksi pasien. Pemeriksaan qPCR terhadap SARS-CoV-2 dan pemeriksaan laboratorium yaitu C-Reactive Protein dapat digunakan sebagai penegakkan diagnosis, menilai derajat keparahan, serta mengetahui prognosis pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara Ct Value qPCR SARS-CoV-2 dengan kadar CRP pada pasien yang dirawat inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian observasional analitik dengan cross sectional. Data penelitian menggunakan data sekunder yang diambil dari rekam medis. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 93 orang yang merupakan pasien COVID-19 yang dirawat inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang pada bulan Januari sampai Desember 2021 dan telah memenuhi kriteria inklusi maupun eksklusi. Data berskala rasio dan diuji menggunakan metode korelasi Pearson dengan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari penelitian ini didapatkan rerata Ct Value qPCR SARS-CoV-2 sebesar 22,42 dan rerata kadar CRP sebesar 46,92 mg/L. Hasil analisis menunjukkan nilai p = <0,001 (p<0,05) dengan kekuatan hubungan r = -0,389 yang menunjukkan adanya korelasi negatif lemah antara Ct Value qPCR SARS-CoV-2 dengan kadar CRP pasien COVID-19 yang dirawat inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Kesimpulan dari penelitian ini didapatkan korelasi antara Ct Value qPCR SARS-CoV-2 dengan kadar CRP pasien COVID-19 yang dirawat inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Kata kunci: Ct Value, CRP, COVID-19.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 22 Aug 2023 01:44
Last Modified: 22 Aug 2023 01:44
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30656

Actions (login required)

View Item View Item