ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PADA PIUTANG MURABAHAH UNTUK MEMINIMALISIR KERUGIAN PADA KSPPS BMT NUSA UMMAT SEJAHTERA (KP. MANGKANG)

Solechah, Her Selva Maulidina (2023) ANALISIS SISTEM PENGENDALIAN INTERN PADA PIUTANG MURABAHAH UNTUK MEMINIMALISIR KERUGIAN PADA KSPPS BMT NUSA UMMAT SEJAHTERA (KP. MANGKANG). Diploma thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Akuntansi (D3)_49402000017_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Akuntansi (D3)_49402000017_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (124kB)

Abstract

Tugas akhir ini bertujuan untuk menggambarkan pelaksanaan pembiayaan murabahah yang dilakukan di KSPPS NU Sejahtera (KP.Mangkang) serta menganalisis sistem pengendalian intern pada piutang pembiayaan murabahah di KSPPS NU Sejahtera untuk meminimalisir terjadinya kerugian. Data untuk tugas akhir ini diperoleh dari pengamatan dan wawancara secara langsung dengan pihak KSSPS NU Sejahtera (KP. Mangkang) bagian administrasi dan marketing yang kemudian dianalisis secara mendalam untuk mempeoleh secara riil yang terjadi pada lembaga tersebut. Teknik analisis data yang digunakan dalam menyusun tugas akhir ini adalah teknis analisis deskriptif kualitatif yaitu menganalisis, menggambarkan, meringkas, serta membandingkan dengan teori yang ada dengan proses pelaksanaan yang dilakukan di KSPPS NU Sejahtera. Hasil pengamatan dan wawancara tersebut menunjukkan bahwa pengendalian intern pada piutang murabahah masih harus dipantau dalam pemberiaan pembiayaan murabahah kepada anggota agar tidak terjadi kredit macet hal ini untuk meminimalisir terjadinya kerugian yang terjadi pada KSPPS NU Sejahtera dan untuk mengurangi risiko kecurangan akibat adanya rangkap jabatan, diadakan recruitment pegawai baru. Dengan adanya pengendalian intern yang baik dapat membantu meminimalisir terjadinya kerugian akibat piutang pembiayaan murabahah yang terjadi di KSPPS NU Sejahtera. Kata Kunci : Sistem Pengendalian Intern, Pembiayaan Murabahah, Piutang Usaha

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi
Fakultas Ekonomi > Akuntansi (D3)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 31 Aug 2023 06:52
Last Modified: 31 Aug 2023 06:52
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30648

Actions (login required)

View Item View Item