HUBUNGAN BATUK DENGAN KADAR C-REACTIVE PROTEIN PASIEN COVID-19 (Studi Observasional Analitik di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Putri, Amelinda Rahma (2023) HUBUNGAN BATUK DENGAN KADAR C-REACTIVE PROTEIN PASIEN COVID-19 (Studi Observasional Analitik di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
30101900018_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Corona Virus Disease-19 (COVID-19) adalah penyakit infeksi yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2). Batuk menunjukkan mekanisme neuroinflamasi pada patogenesis COVID-19 dan menjadi salah satu gejala paling umum pada fase akut infeksi. C-reactive protein (CRP) menjadi marker inflamasi atau infeksi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan batuk dengan kadar CRP pada pasien COVID-19. Penelitian observasional analitik menggunakan desain cross sectional. Sampel penelitian sebesar 48 pasien COVID-19 yang dirawat inap di RSI Sultan Agung Semarang. Gejala klinis batuk dan kadar CRP yang digunakan adalah data yang diambil saat awal masuk rumah sakit dan didapatkan dari catatan medis pasien. Analisis hubungan batuk dengan kadar CRP pada pasien COVID-19 dianalisis dengan uji korelasi Rank Spearman. Hasil menunjukkan sebagian besar (72,9%) pasien COVID-19 mengalami gejala klinis batuk dengan nilai median kadar CRP sebesar 17,7 mg/L, dan kategorisasi kadar CRP didapatkan sebanyak 64,6% pasien memiliki kadar CRP tinggi (> 10 mg/L). Uji korelasi Rank Spearman didapatkan nilai p<0,001 dengan r sebesar 0,627. Kesimpulan penelitian didapatkan terdapat hubungan gejala klinis batuk dengan kadar CRP pada pasien COVID-19 dengan arah hubungan yang positif dan tingkat kekuatan hubungan yang kuat. Kata kunci: Batuk, kadar C-reactive protein, COVID-19

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:49
Last Modified: 03 Apr 2024 02:49
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30643

Actions (login required)

View Item View Item