KORELASI JUMLAH LEUKOSIT PMN PEWARNAAN GRAM TERHADAP DERAJAT ULKUS DIABETES DAN DERAJAT SEPSIS Studi Observasional Analitik pada Pasien Ulkus Diabetes di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang

Ali, Aqila Aurora (2023) KORELASI JUMLAH LEUKOSIT PMN PEWARNAAN GRAM TERHADAP DERAJAT ULKUS DIABETES DAN DERAJAT SEPSIS Studi Observasional Analitik pada Pasien Ulkus Diabetes di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (88kB)
[img] Text
30101900028_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Ulkus diabetes merupakan komplikasi dari diabetes melitus berupa luka kronik biasanya terjadi pada daerah di bawah pergelangan kaki dan berhubungan dengan peningkatan morbiditas, mortalitas, dan penurunan kualitas hidup pasien. Pemeriksaan leukosit polimorfonuklear (PMN) dengan pewarnaan Gram dapat menjadi salah satu parameter penting untuk skrining awal adanya infeksi lokal pada pasien ulkus diabetes dan sebagai pedoman klinisi untuk mencegah penyebaran infeksi lebih lanjut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara jumlah leukosit PMN pewarnaan Gram terhadap derajat ulkus diabetes dan derajat sepsis di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional ini menggunakan data sekunder jumlah leukosit PMN pewarnaan Gram, derajat ulkus diabetes, dan derajat sepsis yang tercantum di dalam rekam medis. Penelitian ini terdiri dari 40 sampel yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Derajat ulkus diabetes diklasifikasikan berdasarkan kriteria Wagner. Derajat sepsis diklasifikasikan berdasarkan kriteria qSOFA. Data yang terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif dan uji korelasi Spearman. Hasil korelasi dengan uji Spearman didapatkan hubungan positif antara jumlah leukosit PMN pewarnaan Gram dengan derajat ulkus diabetes (p =0,003; r =0,456), dan hubungan positif antara jumlah leukosit PMN pewarnaan Gram dengan derajat sepsis (p = 0,028; r= 0,347). Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada korelasi antara leukosit PMN pewarnaan Gram dengan derajat ulkus diabetes dan derajat sepsis. Kata Kunci : leukosit PMN pewarnaan Gram, ulkus diabetes, klasifikasi Wagner, derajat sepsis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:38
Last Modified: 21 Aug 2023 07:38
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30639

Actions (login required)

View Item View Item