HUBUNGAN ANTARA TIMBULNYA PENYAKIT OSTEOARTRITIS TERHADAP USIA DAN JENIS KELAMIN (Studi Observasional di RSI Sultan Agung Semarang Tahun 2021)

Aliya, Basma (2022) HUBUNGAN ANTARA TIMBULNYA PENYAKIT OSTEOARTRITIS TERHADAP USIA DAN JENIS KELAMIN (Studi Observasional di RSI Sultan Agung Semarang Tahun 2021). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (41kB)
[img] Text
30101900043_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Osteoartritis (OA) merupakan jenis penyakit yang paling umum dijumpai di dunia. Penyakit ini menyebabkan nyeri dan kecacatan serta mempengaruhi kualitas hidup. Jenis kelamin juga ikut berperan pada timbulnya OA, terutama pada perempuan yang sudah menopause. Biasanya gajala akan muncul mulai pada usia 50 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara timbulnya penyakit osteoartritis terhadap usia dan jenis kelamin. Penelitiian ini menggunakan studi observasional dengan desain cross sectional dengan menggunakan kriteria sampel pasien Poli Saraf di RSI Sultan Agung Semarang selama tahun 2021 dan sesuai dengan kriteria inklusi dan eksluasi. Kriteria inklusi pada penelitian ini berupa pasien OA ditangani oleh dokter spesialis saraf, pasien obesitas pasien dengan riwayat cedera/trauma sendi, pasien hiperurisemi, dan data catatan medik tercantum: nomor register pasien, usia pasien, jenis kelamin, diagnosis penyakit utama dan komorbid, serta data berat dan tinggi badan. Kriteria ekslusi dalam penelitian ini berupa pasien hipertensi, pasien DM, pasien riwayat histerektomi, pasien riwayat histerektomi, pasien riwayat menisektomi, Aktivitas fisik dan pekerjaan. Berdasarkan 36 pasien RSISA, di dapatkan 21 pasien (58,3%) berusia >50 tahun dan 28 (77,8%) berjenis kelamin perempuan. Terdapat hubungan yang signifikan antara timbulnya penyakit osteoartritis terhadap usia dan jenis kelamin. Kata kunci: Oasteoartritis, Usia, Jenis Kelamin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Aug 2023 07:17
Last Modified: 03 Apr 2024 06:40
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30633

Actions (login required)

View Item View Item