HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN STUNTING (Studi Observasional Analitik Pada Anak Usia 0-2 Tahun di Puskesmas Jaken, Kabupaten Pati Periode September-November 2022)

Cahyaningrum, Devina Fitriani (2023) HUBUNGAN PEMBERIAN ASI EKSKLUSIF DENGAN KEJADIAN STUNTING (Studi Observasional Analitik Pada Anak Usia 0-2 Tahun di Puskesmas Jaken, Kabupaten Pati Periode September-November 2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
30101900057_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Stunting adalah anak dengan tinggi badan atau panjang badan lebih pendek dari usia. Stunting disebabkan anak tidak diberikan ASI eksklusif. ASI mengandung antibodi sehingga dapat menurunkan risiko infeksi. ASI juga mempengaruhi pertumbuhan jaringan otot dan rangka karena dalam ASI mengandung kalsium yang lebih mudah diserap anak dibanding kalsium dalam susu formula. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan ASI eksklusif dengan stunting pada anak usia 0-2 tahun di Puskesmas Jaken, Kabupaten Pati. Penelitian dengan jenis penelitian observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional dan subjek sebanyak 40 orang anak usia 0-2 tahun di Puskesmas Jaken. Penelitian dilaksanakan bulan September-November 2022. Penilaian stunting berdasarkan panjang badan atau tinggi badan menurut umur dengan z score=<-2 SD dan data ASI eksklusif diperoleh dari pengisian kuesioner oleh ibu. Data dilakukan uji dengan metode koefisien kotingensi pada aplikasi SPSS versi 22. Hasil penelitian didapatkan 10 anak(25%) yang tidak mendapatkan ASI eksklusif 7 anak (70%) stunting dan 3 anak (30%) tidak stunting. Sedangkan 30 anak (75%) yang mendapatkan ASI eksklusif 3 anak (10%) stunting dan 27 anak (75,0%) tidak stunting. Berdasarkan analisis korelasi koefisien kontingensi menujukkan p=<0,05 dan nilai c (koefisien korelasi) 0,514 menujukkan hubungan ASI eksklusif dengan stunting adalah sedang. Kesimpulan penelitian ini adalah ASI eksklusif berhubungan dengan stunting karena ASI mengandung zat gizi lengkap, mencegah penyakit infeksi dan mempengaruhi jaringan otot dan rangka. Pada penelitian ini umur ibu, pekerjaan ibu serta jenis kelamin anak, umur anak, bukan merupakan faktor penyebab stunting anak usia 0-2 tahun. Kata kunci : stunting, ASI eksklusif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:34
Last Modified: 21 Aug 2023 03:34
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30611

Actions (login required)

View Item View Item