HUBUNGAN ANTARA RASIO LINGKAR PINGGANG PANGGUL DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 (Penelitian Observasional di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Amalia, Devita Sari Wafiatul (2023) HUBUNGAN ANTARA RASIO LINGKAR PINGGANG PANGGUL DENGAN DIABETES MELLITUS TIPE 2 (Penelitian Observasional di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB)
[img] Text
30101900059_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengukuran lingkar pinggang dan panggul merupakan suatu pengukuran yang dapat menunjukan distribusi lemak tubuh terutama bagian abdomen dan panggul. Kenaikan kadar lemak dalam tubuh dipengaruhi oleh kadar glukosa darah. Peningkatan kadar glukosa darah berbanding lurus dengan peningkatan lemak. Kadar lemak berlebih dalam tubuh dapat memicu obesitas, dimana obesitas merupakan faktor risiko diabetes mellitus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara rasio lingkar pinggang panggul dengan diabetes mellitus tipe 2. Penelitian ini menggunakan studi obeservasional analitik dengan rancangan penelitian case control menggunakan kriteria sampel pasien perempuan usia > 40 tahun di poli penyakit dalam Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang periode September – Oktober 2022. Kriteria inklusi kasus pasien dengan diabetes mellitus tipe 2, kriteria inklusi kontrol yaitu dengan hipotiroidisme, sindrom cushing, Polycystic Ovarian Syndrome, nodul tiroid, dislipidemia primer, tanpa diabetes mellitus tipe 2. Kriteria eksklusi kasus dan kontrol pasien dengan kelainan tulang belakang. Seluruh sampel yang memenuhi kriteria inklusi dilakukan uji chi square dan odds ratio. Berdasarkan 35 sampel kasus dan 35 sampel control hasil chi square diperoleh nilai p-value 0.013 (<0.05). Rasio lingkar pinggang panggul pada pasien perempuan dengan diabetes mellitus tipe 2 yang obesitas 27 (77.1%) dengan rasio lingkar pinggang panggul > 0,85 dan yang tidak obesitas hanya 8 (22.9%) dengan rasio lingkar pinggang panggul ≤ 0,85. Hasil uji odds ratio diperoleh nilai OR sebesar 3.574 > 1. Hasil penelitian disimpulkan bahwa rasio lingkar pinggang panggul pada perempuan berhubungan dengan kejadian diabetes mellitus tipe 2. Rasio lingkar pinggang panggul merupakan faktor risiko terjadinya diabetes mellitus tipe 2 pada perempuan. Kata kunci : diabetes mellitus tipe 2, rasio lingkar pinggang panggul, obesitas sentral

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:26
Last Modified: 03 Apr 2024 03:20
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30608

Actions (login required)

View Item View Item