PERBEDAAN STABILITAS TEAR FILM SEBELUM DAN SESUDAH OPERASI KATARAK METODE FAKOEMULSIFIKASI (Studi Observasional Analitik pada Pasien Katarak di Sultan Agung Eye Center, Semarang)

Yulianingrum, Inayah Meta (2023) PERBEDAAN STABILITAS TEAR FILM SEBELUM DAN SESUDAH OPERASI KATARAK METODE FAKOEMULSIFIKASI (Studi Observasional Analitik pada Pasien Katarak di Sultan Agung Eye Center, Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (48kB)
[img] Text
30101900100_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tear film merupakan suatu cairan kompleks yang melapisi permukaan okular yang tersusun atas lapisan lipid, lapisan aquous, dan lapisan mukus. Ketiga lapisan ini menjaga keseimbangan tear film namun tidak menutup kemungkinan jika stabilitas tear film dapat terganggu, salah satu manifestasi klinis yang muncul berupa mata kering. Pengukuran stabilitas tear film dapat dilakukan menggunakan tes Tear Break-Up Time. Pasien katarak yang menjalani operasi fakoemulsifikasi dapat mengalami gangguan stabilitas tear film akibat insisi kornea saat operasi katarak yang menyebabkan denervasi kornea. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan stabilitas tear film pada pasien sebelum dan sesudah tindakan operasi katarak metode fakoemulsifikasi di Sultan Agung Eye Center, Semarang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kuantitatif observasional analitik dengan rancangan penelitian cross sectional. Sampel yang digunakan sejumlah 31 mata pasien katarak yang memenuhi kriteria inkulsi dan eksklusi. Pengambilan data sekunder menggunakan hasil Tes Tear Break Up Time oleh dokter spesialis mata pada pasien operasi katarak metode fakoemulsifikasi. Data penelitian dianalisis dengan uji t-berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan nilai Tes TBUT pasien antara sebelum operasi (12,58 ± 1,409 detik) dan satu minggu sesudah operasi (9,32 ± 2,821 detik). Hasil uji t-berpasangan menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan (Sig. 2-tailed = 0,000) stabilitas tear film pasien katarak berdasarkan Tes TBUT sebelum dan satu minggu sesudah operasi fakoemulsifikasi. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat perbedaan yang signifikan antara stabilitas tear film pasien katarak sebelum dan satu minggu sesudah operasi fakoemulsifikasi berdasarkan nilai Tes TBUT di Sultan Agung Eye Center, Semarang. Kata Kunci: stabilitas tear film, mata kering, Tear Break Up Time, fakoemulsifikasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 21 Aug 2023 01:49
Last Modified: 03 Apr 2024 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30591

Actions (login required)

View Item View Item