KORELASI CT VALUE RT-PCR SARS-COV-2 DENGAN NEUTROPHIL LYMPHOCYTE RATIO (Studi Observasional Analitik pada Pasien COVID-19 yang Dirawat Inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Layli, Intan Noor (2023) KORELASI CT VALUE RT-PCR SARS-COV-2 DENGAN NEUTROPHIL LYMPHOCYTE RATIO (Studi Observasional Analitik pada Pasien COVID-19 yang Dirawat Inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (427kB)
[img] Text
30101900105_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Gold standart dalam penegakan diagnosis COVID-19 adalah dengan pemeriksaan molekuler metode RT-PCR untuk mengetahui nilai ambang batas replikasi virus SARS-CoV-2 melalui CT Value. Neutrophil Lymphocyte Ratio (NLR) merupakan salah satu pemeriksaan darah rutin sederhana yang dapat digunakan sebagai indikator adanya inflamasi. Tujuan penelitian untuk mengetahui korelasi antara CT Value RT-PCR SARS-CoV-2 dengan NLR pada pasien COVID-19 yang dirawat inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian observasional analitik dengan rancangan cross sectional ini melibatkan 93 pasien COVID-19 yang dirawat inap di RS Islam Sultan Agung Semarang periode 2021. Data diperoleh dari Rekam Medis. Uji hipotesis dalam penelitian ini menggunakan korelasi Spearman dengan SPSS versi 25. Hasil penelitian ini didapatkan nilai rata-rata CT Value RT-PCR SARS-COV-2 pada pasien COVID-19 di Rumah Sakit Islam Sultan Agung adalah sebesar 23,54, rata-rata NLR sebesar 6,69. Hasil uji statistik menunjukkan nilai p = 0,347 (p<0,05). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu tidak terdapat korelasi yang signifikan antara CT Value RT-PCR SARS-CoV-2 dengan NLR pada subjek penelitian. Kata Kunci: COVID-19, CT Value, NLR

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Aug 2023 06:31
Last Modified: 19 Aug 2023 06:31
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30585

Actions (login required)

View Item View Item