PENGARUH OPERASI FAKOEMULSIFIKASI TERHADAP GEJALA MATA KERING BERDASARKAN OSDI Studi Observasional Analitik Pada Pasien Katarak di Sultan Agung Eye Center

Akbar, Muhammad Zidan Habibullah (2023) PENGARUH OPERASI FAKOEMULSIFIKASI TERHADAP GEJALA MATA KERING BERDASARKAN OSDI Studi Observasional Analitik Pada Pasien Katarak di Sultan Agung Eye Center. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (149kB)
[img] Text
30101900129_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Mata kering merupakan penyakit kronis dengan peningkatan osmolaritas lapisan air mata dan peradangan pada permukaan mata, sehingga berpotensi merusak mata. Gejala mata kering yang paling umum ditemukan adalah sensasi menyengat, terbakar, atau gatal pada permukaan mata. Gejala mata kering ini mengganggu kualitas hidup pasien terutama pada penglihatan. Faktor risiko terjadinya mata kering salah satunya dikarenakan oleh tindakan operasi fakoemulsifikasi. Ocular Surface Disease Index (OSDI) questionnaire merupakan salah satu alat terbaik yang digunakan untuk menilai gejala mata kering secara subjektif. Penelitian ini bertujuan untuk mencari pengaruh operasi fakoemulsifikasi terhadap gejala mata kering berdasarkan skor OSDI di Sultan Agung Eye Center, Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian menggunakan jenis penelitian observasional analitik dan menggunakan rancangan penelitian cross sectional. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa hasil pemeriksaan dokter spesialis mata. Jumlah sampel penelitian sebanyak 31 yang merupakan pasien katarak yang sudah sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Data penelitian akan dianalisis berdasarkan karakteristik penelitian dan dilanjutkan dengan uji alternatif non parametrik Wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan rerata skor OSDI antara sebelum operasi (9,71±4,41) dan satu minggu sesudah operasi fakoemulsifikasi (24,71±12,3). Analisis uji Wilcoxon didapatkan nilai p = 0,000 yang menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara operasi fakoemulsifikasi terhadap gejala mata kering berdasarkan OSDI pra dan pascaoperasi fakoemulsifikasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa operasi fakoemulsifikasi memiliki pengaruh yang signifikan terhadap gejala mata kering pada pasien katarak di Sultan Agung Eye Center, Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Kata kunci : Fakoemulsifikasi, Mata Kering, Ocular Surface Disease Index (OSDI)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Aug 2023 03:59
Last Modified: 03 Apr 2024 03:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30577

Actions (login required)

View Item View Item