HUBUNGAN TINGKAT KEPARAHAN DERMATITIS ATOPIK DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN (Studi Observasional Analitik pada Penderita Dermatitis Atopik Remaja dan Dewasa di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Recoverynda, Prahafidha (2023) HUBUNGAN TINGKAT KEPARAHAN DERMATITIS ATOPIK DENGAN KUALITAS HIDUP PASIEN (Studi Observasional Analitik pada Penderita Dermatitis Atopik Remaja dan Dewasa di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB)
[img] Text
30101900151_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dermatitis atopik (DA) atau biasa dikenal dengan atopik eksim adalah radang kronik pada kulit yang umumnya terjadi sejak masa kecil dan diturunkan secara genetik. Penderita DA seringkali merasa terganggu dengan penampilannya akibat lesi pada kulitnya. Hal tersebut menjadi aspek yang dapat berpengaruh terhadap kualitas hidup pasien DA. Kualitas hidup atau Quality of Life (QoL) adalah persepsi seseorang mengenai tempat dimana mereka hidup kaitannya dengan budaya setempat serta nilai tempat mereka berada yang meliputi kesejahteraan mental, fisik, dan sosial seseorang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan tingkat keparahan dermatitis atopik dengan kualitas hidup pasien di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Jenis penelitian yang dilakukan adalah observasional analitik dengan rancangan penelitian cross-sectional. Pengambilan sampel dilakukan menggunakan teknik consecutive sampling kepada 29 pasien DA yang sesuai dengan kriteria inklusi dan eksklusi. Data sampel yang terkumpul dianalisis menggunakan uji korelasi Spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 (20,7%) responden dengan tingkat keparahan ringan, 21 (72,4%) responden dengan tingkat keparahan sedang, dan 2 (6,9%) responden dengan tingkat keparahan berat. Hasil penelitian mengenai kualitas hidup menunjukkan bahwa terdapat 7 (24,1%) responden berefek ringan pada kehidupan, 11 (37,9%) responden berefek sedang pada kehidupan, 9 (31,0%) responden berefek berat pada kehidupan, dan 2 (6,9%) responden berefek sangat berat. Kesimpulan pada penelitian ini adalah terdapat hubungan yang signifikan (p = 0,000 atau p < 0,05) dan kuat (r = 0,674) antara tingkat keparahan dermatitis atopik dengan kualitas hidup pasien di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Kata kunci: dermatitis atopik, kualitas hidup, SCORAD, DLQI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Aug 2023 02:22
Last Modified: 03 Apr 2024 06:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30569

Actions (login required)

View Item View Item