HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN KEJADIAN STUNTING (Studi Observasional Analitik pada Anak Usia 0-2 Tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Jaken, Kabupaten Pati Periode September-November 2022)

Mumtaza, Qonita Alya (2023) HUBUNGAN TINGKAT PENDIDIKAN IBU DENGAN KEJADIAN STUNTING (Studi Observasional Analitik pada Anak Usia 0-2 Tahun di Wilayah Kerja Puskesmas Jaken, Kabupaten Pati Periode September-November 2022). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (264kB)
[img] Text
30101900155_fullpdf.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tingkat pendidikan ibu merupakan salah satu faktor yang dapat memengaruhi terjadinya stunting. Tingkat pendidikan ibu berpengaruh terhadap kejadian stunting, dikarenakan semakin tinggi tingkat pendidikan ibu akan semakin mempermudah menambah pengetahuan dalam memberikan makanan yang bergizi untuk dikonsumsi anak. Penelitian terkait hubungan antara tingkat pendidikan ibu pada anak usia 0-2 tahun dengan kejadian stunting di puskesmas jaken, kabupaten pati masih terbatas. Tujuan penelitian yaitu mengetahui hubungan tingkat pendidikan ibu pada anak usia 0-2 tahun dengan kejadian stunting di puskesmas jaken, kabupaten pati. Penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional ini melibatkan subyek sejumlah 40 ibu yang memiliki anak usia 0-2 tahun di Puskesmas Jaken, Kabupaten Pati pada bulan September 2022-November 2022. Data ini diperoleh melalui pengukuran di posyandu. Data berskala kategorik dan diuji dengan metode analisis spearman menggunakan aplikasi SPSS versi 16. Hasil penelitian ini didapatkan rerata tingkat pendidikan ibu dasar sebesar 50.0% sedangkan rerata tingkat pendidikan ibu menengah sebesar 100%. Hasil analisis didapatkan nilai p<0,001 dengan nilai analisis spearman sebesar 0,577 yang menunjukkan bahwa tingkat keeratan hubungan tingkat pendidikan ibu pada anak usia 0-2 tahun dengan kejadian stunting di Puskesmas Jaken, Kabupaten Pati di tingkatan sedang/moderate. Kesimpulan penelitian ini terdapat hubungan antara tingkat pendidikan ibu pada anak usia 0-2 tahun dengan kejadian stunting di Puskesmas Jaken, Kabupaten Pati. Kata Kunci: Stunting, Tingkat pendidikan ibu

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 19 Aug 2023 02:16
Last Modified: 19 Aug 2023 02:16
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30567

Actions (login required)

View Item View Item