PERAN ORANG TUA DALAM MEMELIHARA KETAHANAN RUMAH TANGGA ANAK DI SEMARANG UTARA (Studi kasus pasangan yang menikah dan masih tinggal bersama orang tua)

setiawan, Sony (2023) PERAN ORANG TUA DALAM MEMELIHARA KETAHANAN RUMAH TANGGA ANAK DI SEMARANG UTARA (Studi kasus pasangan yang menikah dan masih tinggal bersama orang tua). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501900059_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501900059_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)

Abstract

Pernikahan merupakan sebuah Amanah dan tanggung jawab dari seorang suami dan istri yang sudah ada kewajiban masing-masing. Setelah menikah idealnya pasangan suami istri memiliki tempat tinggal sendiri untuk membangun rumah tangganya. Tetapi pada kenyataanya masih banyak pasangan yang sudah menikah dan masih tinggal Bersama orangtuanya. Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yakni;1. Mengapa orang tua perlu ikut berperan dalam memelihara ketahanan rumah tangga anaknya yang sudah menikah di kecamatan Semarang utara? 2. Bagaimana pandangan hukum islam terhadap orang tua dalam memelihara ketahanan rumah tangga anaknya yang sudah menikah di kecamatan semarang utara? Penelitian ini dilakukan dengan memanfaatkan metode penelitian kualitatif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan studi lapangan (field research). Sehingga dalam proses penelitian, peneliti melakukan studi lapangan. . Adapun dalam metode analisis data, peneliti menggunakan metode deskriptif analisis, yang dimana data-data yang telah di dapatkan dari tehnik wawancara maupun tehnik diskusi dikumpulkan, kemudian di lakukan proses analisis agar dapat memberikan penjelasan dan pemahaman. Di kecamatan semarang utara masih terdapat pasangan yang sudah menikah dan masih tinggal Bersama orangtuanya. Hal ini menjadi pro dan kontra karena memiliki manfaat dan kekurangan. Hal tersebut boleh saja dilakukan asalkan orangtua tidak terlalu memiliki peartisipasi dalam rumah tangga anaknya Karena bagiamanapun anak juga akan butuh orang tua. tetapi Ketika sudah menikah peran tersebut tentunya harus berbeda,karena jika disamakan akan membuat rumah tangganya menjadi tidak kondusif. Kata Kunci : Pernikahan, pasangan yang masih tinggal Bersama orangtua,peran orang tua

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:06
Last Modified: 18 Aug 2023 04:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30556

Actions (login required)

View Item View Item