ANALISIS ZAKAT PRODUKTIF DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK (Studi Kasus Program Z-Chicken Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Tengah)

Prasthama, Reyhan (2023) ANALISIS ZAKAT PRODUKTIF DALAM PEMBERDAYAAN EKONOMI MUSTAHIK (Studi Kasus Program Z-Chicken Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Jawa Tengah). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501900053_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501900053_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (57kB)

Abstract

Kemiskinan merupakan masalah telah lama menjadi kenyataan hidup di masyarakat. Islam memberikan solusi melalui zakat sebagai bentuk pilar ekonomi Islam. Penggunaan zakat produktif dan pemberdayaan ekonomi lapangan dapat membantu mengurangi kemiskinan. Pemerintah Indonesia membentuk Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) untuk mengelola zakat. BAZNAS Jawa Tengah membangun unit usaha waralaba yang disebut Z-Chicken untuk meningkatkan kesejahteraan mustahik dengan dana zakat yang disalurkan dalam bentuk usaha ayam goreng, yang bertujuan untuk mengubah mustahik menjadi muzzaki. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif. Sumber data primer yang merupakan hasil observasi dan wawancara mendalam dengan individu yang berkompeten, antara lain pengurus BAZNAS Jawa Tengah dan penerima zakat produktif Z-Chicken. wawancara ini menggunakan pedoman wawancara tidak terstruktur, dan selain wawancara peneliti menggunakan observasi. Sumber data sekunder yang diperoleh dari data berupa laporan dokumenter, buku, jurnal penelitian, artikel, dan jurnal ilmiah yang masih relevan dengan pertanyaan penelitian. Berdasarkan laporan BAZNAS Jawa Tengah, dapat disimpulkan bahwa tata kelola BAZNAS di wilayah tersebut cukup baik karena adanya regulasi dan kebijakan yang diterapkan dalam melaksanakan program zakat. Program zakat produktif memiliki manfaat besar bagi penerima zakat karena dapat membantu mereka mencapai kemandirian dan memperkuat ekonomi keluarga. Dalam program Z-Chicken BAZNAS Jawa Tengah. Program ini berhasil memberdayakan perekonomian masyarakat melalui bantuan modal usaha serta pelatihan terhadap para mustahik BAZNAS Jawa Tengah telah berhasil memberikan bantuan modal usaha kepada penerimanya melalui program pemberdayaan untuk masyarakat yang kurang mampu. Berdasarkan data dan analisis, dapat disimpulkan bahwa BAZNAS Jawa Tengah telah mematuhi peraturan yang diatur dalam UU No. 23 tahun 2011 tentang Pengelolaan Zakat di Indonesia. BAZNAS Jawa Tengah telah berhasil memanfaatkan dana zakat dengan efektif, sehingga memberikan manfaat yang nyata bagi masyarakat Jawa Tengah. Melalui program Z-Chicken BAZNAS Jawa Tengah secara langsung mampu atau telah berhasil dalam memberikan kontibusinya terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Hal tersebut dapat dirasakan secara nyata oleh masyarakat penerima manfaat atau mustahik. Kata Kunci : Zakat Produktif , Z-Chicken, Perekonomian, Kemiskinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:39
Last Modified: 30 Aug 2023 03:39
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30550

Actions (login required)

View Item View Item