KORELASI PENURUNAN JUMLAH TROMBOSIT DENGAN OUTCOME PASIEN COVID-19 (Studi Cross Sectional pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Rachmawati, Serly (2022) KORELASI PENURUNAN JUMLAH TROMBOSIT DENGAN OUTCOME PASIEN COVID-19 (Studi Cross Sectional pada Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (439kB)
[img] Text
30101900179_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Trombosit merupakan salah satu parameter hematologi yang rutin untuk digunakan sebagai skrinning awal menentukan prognosis COVID-19. Pada pasien COVID-19 dengan derajat yang semakin memberat akan disertai dengan penurunan jumlah trombosit. Penelitian terkait korelasi antara penurunan jumlah trombosit dengan outcome pasien COVID-19 yang dirawat inap masih terbatas. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui korelasi antara penurunan jumlah trombosit dengan outcome pasien rawat inap COVID-19 di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian observasional analitik dengan desain kohort retrospektif ini melibatkan subjek sebanyak 57 pasien COVID-19 yang dirawat inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang pada bulan Januari 2020 – April 2021. Data diperoleh melalui rekam medis. Hasil dari penelitian ini didapatkan rerata penurunan trombosit yang sembuh sebesar 21,1% sedangkan rerata penurunan trombosit pasien yang meninggal sebesar 78,9%. Hasil analisis menunjukkan nilai p < 0,001 dengan nilai koefisien kontingensi sebesar 0,480. Terdapat korelasi antara penurunan jumlah trombosit dengan outcome pasien COVID-19 yang dirawat inap di RSI Sultan Agung Semarang dengan tingkatan sedang/moderate. Kata Kunci: COVID-19, Trombosit, outcome

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:42
Last Modified: 14 Aug 2023 07:42
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30543

Actions (login required)

View Item View Item