AKURASI UJI KADAR HORMON FT4 DALAM MENDETEKSI PENYAKIT GRAVES Studi Observasional Analitik pada Pasien Gangguan Tiroid di Klinik Endokrin RSI Sultan Agung Semarang

Luhri, Tanindra Rumania (2022) AKURASI UJI KADAR HORMON FT4 DALAM MENDETEKSI PENYAKIT GRAVES Studi Observasional Analitik pada Pasien Gangguan Tiroid di Klinik Endokrin RSI Sultan Agung Semarang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (336kB)
[img] Text
30101900188_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Hipertiroid merupakan merupakan kondisi seseorang mengalami kelebihan hormon tiroid yang ada di sirkulasi. Penyebab tersering hipertiroid adalah penyakit Graves. Penyakit graves adalah suatu penyakit autoimun ketika tubuh secara salah menghasilkan thyroid stimulating immunoglobulin (TSI) yang juga dikenal dengan long-acting thyroid stimulator (LATS), suatu antibodi yang sasarannya adalah reseptor TSH di sel tiroid. Penyakit graves menimbulkan manifestasi yaitu pembengkakan kelenjar tiroid. Maka cara pemeriksaan yaitu menggunakan USG merupakan modalitas utama untuk menentukan adanya pembesaran tiroid yang terjadi pada kasus penyakit graves terdapat gambaran khas yang ditunjukan pada USG apabila pasien menderita penyakit graves. Namun pemeriksaan laboratorium dari hormon tiroid juga sangat penting, salah satunya adalah pemeriksaan kadar FT4. Sehingga penelitian ini akan mencari dari akurasi uji kadar FT4 dalam mendeteksi penyakit graves. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik berupa uji diagnostik. Penelitian melibatkan 49 orang pasien dengan gangguan tiroid di Klinik Endokrin RSI Sultan Agung Semarang sebagai subjek atau sampel penelitian. Jumlah sampel tersebut sudah memenuhi kebutuhan besar sampel minimal yaitu 32 pasien. Sampel akan dilakukan uji karakteristik dan uji diagnostik mengguanakn tabel 2x2 dan perhitungan ROC kemudian dihitung untuk sensitivitas, spesifisitas, akurasi, nilai duga postif dan nilai duga negatif. Terdapat hubungan antara kadar hormon FT4 dengan diagnosis penyakit graves yang ditetapkan dari hasil pemeriksaan USG pada pasien di Klinik Endokrin RSI Sultan Agung Semarang. Pada penelitian ini uji akurasi kadar hormon FT4 dalam mendeteksi penyakit graves didapatkan nilai AUC yaitu 1,0 yang termasuk sangat tinggi. Serta nilai sensitivisitas dan spesifisitas uji kadar hormon FT4 pada penelitian ini sebesar 65,80 %.dan 81,25%. Kata kunci : Kadar FT4, USG, Penyakit Graves.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:24
Last Modified: 14 Aug 2023 07:24
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30538

Actions (login required)

View Item View Item