KORELASI ANTARA CT VALUE RT-PCR SARS-COV-2 DENGAN NILAI ALC (Studi Observasional Analitik pada Pasien COVID-19 yang Dirawat Inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang)

Afinnas, Zaufar (2023) KORELASI ANTARA CT VALUE RT-PCR SARS-COV-2 DENGAN NILAI ALC (Studi Observasional Analitik pada Pasien COVID-19 yang Dirawat Inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (55kB)
[img] Text
30101900209_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Coronavirus Disease-19 (COVID-19) adalah penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus SARS-CoV-2 dan dapat menyebar melalui saluran pernapasan. Deteksi dini dan tindakan awal klinisi sangat mempegaruhi dari derajat infeksi pasien. Pemeriksaan RT-PCR terhadap SARS-CoV-2 dan pemeriksaan laboratorium yaitu Absolute Lymphocyte Count dapat berguna sebagai penegakkan diagnosis, menilai derajat keparahan, serta mengetahui prognosis pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi antara Ct Value RT-PCR SARS-CoV-2 dengan nilai ALC pada pasien yang dirawat inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain cross sectional dengan subjek sebanyak 93 orang pasien COVID-19 yang dirawat inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang pada bulan Januari sampai Desember 2021. Data penelitian menggunakan data sekunder yang diambil dari rekam medis. Data berskala rasio dan diuji dengan metode korelasi Pearson menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil penelitian ini didapatkan rerata Ct Value RT-PCR SARS-CoV-2 sebesar 22,42 dan rerata nila ALC sebesar 1240. Hasil analisis menunjukkan nilai p = 0,007 (p<0,05) dengan kekuatan hubungan r = 0,276 yang menunjukkan adanya korelasi lemah antara Ct Value RT-PCR SARS-CoV-2 dengan nilai ALC pasien COVID-19 yang dirawat inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Kesimpulan penelitian ini didapatkan korelasi antara Ct Value RT-PCR SARS-CoV-2 dengan nilai ALC pasien COVID-19 yang dirawat inap di Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang. Kata kunci : Ct Value, ALC, COVID-19. .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 14 Aug 2023 07:06
Last Modified: 14 Aug 2023 07:06
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30533

Actions (login required)

View Item View Item