KONSEP AL-RADHA’AH DAN HUKUM DONASI ASI BESERTA IMPLIKASINYA MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI KELURAHAN GAYAMSARI SEMARANG)

ARIFIANI, EVIRA NUR (2023) KONSEP AL-RADHA’AH DAN HUKUM DONASI ASI BESERTA IMPLIKASINYA MENURUT HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI KELURAHAN GAYAMSARI SEMARANG). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501900021_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501900021_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (66kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Konsep Al-Radha’ah Dan Hukum Donasi ASI Beserta Implikasinya Menurut Hukum Islam di Kelurahan Gayamsari Semarang. Radha’ah adalah perempuan selain ibu kandungnya yang menyusukan air susunya pada seorang anak yang usianya dibawah dua tahun atau 24 bulan. Suatu akibat terjadinya hubungan mahram ialah radha’ah yang disebut dengan mahram sepersusuan. Maka dari itu donasi ASI kepada bayi lain, dapat menyebabkan suatu kemahraman pada sebuah ikatan pernikahan dan hukumnya haram untuk menikah dengan ibu susuannya ataupun anak kandung dari ibu susuannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan normatif. Penelitian ini menggunakan bahan hukum primer (data yang diperoleh langsung dari sumbernya baik dalam bentuk dokumen atau laporan) dan sekunder seperti jurnal, skripsi, buku-buku ilmiah dan juga karya-karya ilmiah. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan jika dalam praktik donor ASI yang dilaksanakan di Kelurahan Gayamsari Semarang yaitu para ibu yang ASI nya keluar secara berlebihan berniat untuk mendonasikan ASI nya kepada bayi lain yang membutuhkan. Anak yang menerima donasi ASI jenis kelaminnya harus sama dengan anak pendonor. Karena jika jenis kelaminnya berbeda dikhawatirkan akan terjadi pernikahan sepersusuan. Pendonor dan penerima donasi ASI harus memberikan kartu tanda pengenal dan rekam medis agar lebih jelas identitasnya. Kata Kunci: Radha’ah, Mahram sepersusuan, Donasi ASI.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 30 Aug 2023 02:50
Last Modified: 30 Aug 2023 02:50
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30529

Actions (login required)

View Item View Item