STRATEGI KELUARGA PEKERJA NELAYAN PENUH DALAM PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN (Studi Kasus Di Dukuh Suwiyu Kelurahan Loning Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang)

Wicaksono, Dwi Bagus (2023) STRATEGI KELUARGA PEKERJA NELAYAN PENUH DALAM PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN (Studi Kasus Di Dukuh Suwiyu Kelurahan Loning Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501900020_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501900020_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB)

Abstract

Perkawinan jarak jauh atau bisa disebut dengan long distance marriage adalah situasi atau kondisi yang mengharuskan mereka tidak bisa hidup bersama dalam satu rumah, dan tidak memungkinkan untuk bertemu dalam jangka waktu yang diharapkan. Ideal pasangan suami istri hidup Bersama dalam suatu rumah untuk mengemban tugas dan kewajiban masing-masing. Namun karena tuntutan pekerjaan menyebabkan sebagian dari mereka harus dipisahkan oleh jarak. Sebagai konsekuensi logis dari adanya suatu perkawinan, maka akan lahirlah hak dan kewajiban yang harus dipenuhi oleh masing-masing pasangan. Dengan demikian sejatinya masing-masing pasangan tidak ada yang lebih dan yang kurang dalam kadar pemenuhan hak dan pelaksanaan kewajiban. Jenis penelitian ini adalah fieldwork atau kerja lapangan diman peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data dan informasi yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan untuk menggambarkan suatu proses yang terjadi di lapangan. Sedangkan pendekatan yang diterapkan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan: wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Penelitian ini menunjukan bahwa pemenuhan hak dan kewajiban keluarga nelayan penuh di Dukuh Suwiyu Desa Loning Kecamatan Petarukan Kabupaten Pemalang terlaksana dengan baik, Ditinjau dari hukum Islam terhadap long distance marriage, sebagian besar sudah sesuai dengan hukum Islam. Para suami sudah melaksanakan kewajibannya sesuai dengan hukum Islam, seperti; kewajiban memberi nafkah, kewajiban memberikan tempat tinggal, bergaul dengan baik terhadap istri dan mendidik istri. Upaya atau strategi yang mereka terapkan terhadap pemenuhan hak dan kewajiban meliputi terpenuhinya kebutuhan finansial, biologis, psikologis dan komunikasi. Kata Kunci: Strategi, Pasangan Jarak Jauh, Hak dan Kewajiban

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:17
Last Modified: 18 Aug 2023 04:17
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30528

Actions (login required)

View Item View Item