ANALISIS PEMENUHAN HAK ANAK OLEH ORANG TUA SINGLE PARENT YANG BEKERJA SEBAGAI TKW (Studi Kasus Di Desa Brengkok Kec. Brondong Kab. Lamongan)

Ubaidillah, Bagus (2023) ANALISIS PEMENUHAN HAK ANAK OLEH ORANG TUA SINGLE PARENT YANG BEKERJA SEBAGAI TKW (Studi Kasus Di Desa Brengkok Kec. Brondong Kab. Lamongan). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501900018_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501900018_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (131kB)

Abstract

Hak anak merupakan bagian dari Hak Asasi Manusia yang mendapatkan jaminan dan perlindungan hukum, baik dari hukum internasional maupun dari hukum nasional. Hak-hak anak harus dibedakan dengan hak-haknya orang dewasa, yang diatur secara khusus. Berdasarkan latar belakang masalah yang telah diuraikan sebelumnya, maka yang didapat beberapa rumusan masalah memfokuskan pada: 1). Bagaimana pemenuhan hak kasih sayang keluarga kepada anak TKW di Desa1Brengkok,1Kecamatan Brondong,1Kabupaten Lamongan. 2). Bagaimana1pemenuhan1hak pendidikan keluarga kepada anak TKW di Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan, yang merupakan cara pengumpulan data yang andal, tepat waktu, dan objektif. Ini bertujuan untuk fokus pada situasi saat ini, interaksi sosial, individu, kelompok, institusi dan konteks sosial. Penelitian ini dilakukan dengan cara terjun langsung kelapangan melalui observasi dan wawancara kepada informan-informan yang bersangkutan dalam penelitian ini agar mendapatkan informasi atau data-data yang tepat. Metode analisis data dalam penelitian ini adalah edit, klasifikasi, analisis dan kesimpulan. Peneliti ini menunjukkan bahwa pemenuhan hak kasih sayang anak di Desa Brengkok yang diasuh oleh orangtua, bibi, dan neneknya cukup berbeda jika anak yang diasuh oleh orangtuanya anak dapat merasakan kasih sayang dan pengasuhan secara langsung. Sedangkan anak yang diasuh oleh bibi dan neneknya anak tidak dapat merasakan kasih sayang secara langsung dan pengasuhan secara langsung walapun anak diberi kasih sayang oleh bibi dan neneknya namun tidak ada yang lebih tulus berbeda dengan kasih sayang orangtua kandungnya. Meskipun orangtuanya tidak dapat melihat secara langsung dalam pendidikan anaknya semenjak orangtuanya pergi keluar negeri untuk menjadi Tenaga Kerja Wanita (TKW) keluargalah yang menjadi peran ibu untuk mendidik anak. Pendidikan bagi orangtua kepada anak dipandang sesuatu yang sangat penting dalam kehidupan anaknya. Demikian dalam pemenuhan hak pendidikan anak di desa Brengkok bahwa anak diwajibkan sekolah meskipun orangtuanya pergi keluar negeri. Karena pemenuhan hak pendidikan sekolah merupakan sesuatu hal yang sangat penting bagi anak untuk masa depanya nanti. Kata Kunci: Hak Anak, Orang Tua, Single Parent, TKW

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:04
Last Modified: 18 Aug 2023 04:04
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30526

Actions (login required)

View Item View Item