ANALISIS UPAYA DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (DP3A) KOTA SEMARANG DALAM MENEKAN PRAKTIK PERNIKAHAN ANAK

Mahmudah, Atika Noor (2023) ANALISIS UPAYA DINAS PEMBERDAYAAN PEREMPUAN DAN PERLINDUNGAN ANAK (DP3A) KOTA SEMARANG DALAM MENEKAN PRAKTIK PERNIKAHAN ANAK. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501900016_fullpdf.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501900016_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (150kB)

Abstract

Pernikahan merupakan ibadah terlama dalam kehidupan kita. Problematika yang ada dalam pernikahan biasanya terjadinya perceraian yang salah satunya dilatarbelakangi oleh pernikahan anak. Akan tetapi tidak banyak dari masyarakat sadar akan resiko dari pernikahan anak, yang sering dilakukan tanpa tau aturan dalam menikah dan dampak dari pernikahan anak. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi terjadinya penyebab pernikahan anak dan bagaimana upaya dari lembaga pemerintahan yaitu DP3A Kota Semarang dalam mengatasi praktik pernikahan anak. Pada penelitian ini peneliti memilih pendekatan kualitatif dan subyek dalam penelitian ini adalah Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) Kota Semarang. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan skunder. Sumber data primer merupakan data yang diperoleh secara langsung dari sumber utama atau pihak yang besangkutan. Data yang diperoleh yaitu bersama pegawai DP3A Kota Semarang selaku Koordinator Hak Sipil, Informasi, dan Partisipasi. Sedangkan sumber data sekunder adalah memuat teks-teks yang ada kaitannya atas masalah pernikahan anak sebagai bahan penunjang dalam penulisan ini seperti buku, jurnal ilmiah, tabel, web, dan arsip-arsip. Teknik yang dilakukan dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan analisis data dan metode deskriptif analisis, yaitu mengumpulkan data-data yang sudah ada dari hasil wawancara dan dokumentasi untuk memperkuat data dengan hasil yang realitas sesuai upaya-upaya yang dilakukan pihak DP3A terkait pencegahan praktik pernikahan anak. Hasil penelitian ini adalah yang menjadi penyebab terjadinya pernikahan anak yaitu terdapat faktor pendidikan, ekonomi, budaya, dan media massa. Dari faktor diatas yang sering memicu terjadinya pernikahan anak adalah media massa dan pergaulan bebas. Adapun upaya yang dilakukan DP3A dalam menekan praktik pernikahan anak adalah dengan menjalankan program-program DP3A melalui sosialisasi dan edukasi kepada anak. Baik melalui forum anak, kepada anak langsung, atau lembaga-lembaga dibawahnya yang bekerjasama dengan DP3A. Kata Kunci: Pernikahan, Pernikahan Anak, DP3A Kota Semarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:22
Last Modified: 18 Aug 2023 06:22
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30524

Actions (login required)

View Item View Item