KETAHANAN KELUARGA YANG SUAMI ATAU ISTRI BEKERJA DILUAR NEGERI (STUDI KASUS DI DESA DANGKEL, KECAMATAN PARAKAN, KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020)

Wahyuni, Ikatari (2023) KETAHANAN KELUARGA YANG SUAMI ATAU ISTRI BEKERJA DILUAR NEGERI (STUDI KASUS DI DESA DANGKEL, KECAMATAN PARAKAN, KABUPATEN TEMANGGUNG TAHUN 2020). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung.

[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501700031_fullpdf.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Hukum Keluarga (Ahwal Syakhshiyah)_30501700031_pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (101kB)

Abstract

Menikah merupakan saat yang penting dalam siklus kehidupan manusia, pernikahan adalah pada dasarnya menyatukan dua pribadi yang berbeda golongan yang sama untuk mencapai tujuan bersama dan untuk saling menyayangi satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk (1) untuk mengetahui ketahan keluarga yang suami atau istri bekerja di luar negeri Di Desa Dangkel, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung Tahun 2020 (2) untuk mengetahui faktor penguat ketahanan keluarga yang suami atau istri bekerja diluar negeri Studi Kasus Di Desa Dangkel, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung Tahun 2020. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach).Dengan pendekatan deskriptif kualitatif, Responden penelitian dengan 2 keluarga atau orang tua TKI dan 2 Mayarakat didusun Dangkel, Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung.Peneliti telah melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam pengambilan data. Data tersebut kemudian dianalisa melalui pengamatan dan wawancara terus-menerus. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan (1) ketahanan keluarga suami atau istriyang bekerja di luar negeri (Di Desa Dangkel, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung Tahun 2020) ada tiga keluarga TKI yang bekerja di luar negeri. Dari tiga keluarga yang ada di Desa Dangkel Kecamatan Parakan Kabupaten Temanggung sebagian besar mempertahanakan keluarganmya daripada harus cerai. (2) faktor penguat ketahanan keluarga yang suami atau istri bekerja diluar negeri (Di Desa Dangkel, Kecamatan Parakan, Kabupaten Temanggung Tahun 2020) dengan adanya komunikasi yang baik, memberikan kabar yang pasti, serta saling percaya antara suami atau istri menjadi penguat didalam hidup berumahtangga walaupun harus hubungan jarak jauh, Karena keluarga di Desa Dangkel penguat bukan saja berasal dari dalam keluarga tapi dukungan dari lingkungan orang tua masyarakat dan tokoh agama. Kata kunci: Keluarga, Ketahanan, Luar Negeri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BL Religion
Divisions: Fakultas Agama Islam
Fakultas Agama Islam > Syari'ah (Ahwal Syakhshiyah)
Depositing User: Pustakawan 4 UNISSULA
Date Deposited: 18 Aug 2023 06:30
Last Modified: 18 Aug 2023 06:30
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30504

Actions (login required)

View Item View Item