EFEKTIVITAS AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI MENGENAI SADARI SEBAGAI DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA

MAULIDINA, ANISA ALYA (2022) EFEKTIVITAS AUDIO VISUAL TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP REMAJA PUTRI MENGENAI SADARI SEBAGAI DETEKSI DINI KANKER PAYUDARA. Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (142kB)
[img] Text
32102100004_fullpdf.pdf

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Kanker payudara adalah jenis kanker terbanyak di dunia urutan kedua pada wanita. Tahun 2018 kanker payudara menyebabkan kematian kedua pada wanita di Indonesia, dari total keseluruhan semua jenis kanker (348.809 kasus), kanker payudara menyumbang sebesar 58.256 (16,7%). Kurangnya informasi dan ketidaktahuan serta minimnya pengetahuan mengenai kanker payudara membuat sebagian besar remaja tidak berinisiatif untuk melakukan deteksi dini sebagai langkah awal dalam pencegahan penyakit kanker payudara. Tujuan: Mengetahui efektivitas edukasi Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) dengan menggunakan leaflet dan audio visual terhadap tingkat pengetahuan dan sikap remaja putri di SMA Negeri 1 Bukateja. Metode: Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Quasi Experiment. Pengambilan sampel yang digunakan adalah Consecutive Sampling dengan jumlah sampel dua kelompok penelitian ini sebanyak 64 orang. Analisis data dengan menggunakan uji chi square dengan analisis data statistic. Hasil: Mayoritas pengetahuan remaja pemberian edukasi menggunakan media leaflet menunjukkan perubahan pada kategori kurang 4 (12,5%) menjadi 1 (3,13%), dan media audio visual terdapat perubahan pada kategori kurang 12 (37,5%) menjadi 2 (6,25%). Pada sikap remaja pemberian edukasi media leaflet menunjukkan perubahan pada kategori negatif 12 (37,5%) menjadi 16 (50%) dan media audio visual menunjukkan nilai yang sama baik negatif maupun positif sebesar 16 (50%). Efektivitas media audio visual dan leaflet berhubungan dalam meningkatkan pengetahuan dan sikap remaja putri mengenai SADARI (p value > 0,05). Kesimpulan: Dapat disimpulkan yaitu media leaflet dan audio visual memiliki efektifitas yang sama dalam meningkatkan sikap remaja tentang SADARI. Kata Kunci: audio visual, leaflet, pengetahuan, SADARI, sikap.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Fakultas Kedokteran
Fakultas Kedokteran > S1 Kebidanan
Depositing User: Pustakawan Reviewer UNISSULA
Date Deposited: 11 Aug 2023 03:46
Last Modified: 11 Aug 2023 03:46
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30484

Actions (login required)

View Item View Item