PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENGEROYOKAN YANG MENYEBABKAN LUKA-LUKA PADA DIRI SESEORANG (Studi Putusan PN Semarang Nomor 496/Pid.B/2021/PN Smg)

Putratama, Rafli Rangga (2023) PENEGAKAN HUKUM TERHADAP PELAKU TINDAK PIDANA PENGEROYOKAN YANG MENYEBABKAN LUKA-LUKA PADA DIRI SESEORANG (Studi Putusan PN Semarang Nomor 496/Pid.B/2021/PN Smg). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (320kB)
[img] Text
30301900282_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kejahatan kekerasan saat ini sangat berkembang dan terdapat banyak kasus di lingkungan masyarakat mengenai kekerasan, Kekerasan adalah tindakan seseorang atau kelompok yang dilakukan untuk merugikan/menyakiti orang lain. Hal ini bisa terjadi karena pencemaran nama baik, dendam, dirugikan, perselisihan salah faham dan faktor lainya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pemeriksaan perkara tindak pidana pengeroyokan dan mengetahui pertimbangan hakim dalam putusan tindak pidana tersebut. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah yuridis normatif, sumber data berupa sumber sekunder, pengumpulan data dengan studi pustaka dan analisa data secara deskriptif analisis. Berdasarkan penulisan ini diperoleh hasil bahwa pengamalan Pasal 170 ayat (2) ke-1 KUHP terhadap pelaku tindak pidana dengan tenaga bersama melakukan kekerasan terhadap orang yang mengakibatkan luka berbeda dengan ancaman pidana yang terdapat dalam pasal tersebut. Pidana yang dijatuhkan hakim ternyata lebih ringan yaitu 10 (sepuluh) bulan masa tahanan dibanding dengan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum yaitu 1 (satu) tahun 2 (dua) bulan dikurangi masa tahanan sebelumnya. Selain itu, pertimbangan hakim dalam menjatuhkan pidana terhadap pelaku didasarkan pada faktor obyektif dan subyektif. Faktor obyektif didasarkan pada peraturan perundang-undangan. Faktor subyektif didasarkan pada keyakinan (diri pribadi) hakim yang memeriksa, mengadili dan memutus perkara terhadap terdakwa sendiri. Kata Kunci : Pengeroyokan, Kekerasan, Tindak Pidana

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 30 Aug 2023 03:14
Last Modified: 30 Aug 2023 03:14
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30474

Actions (login required)

View Item View Item