TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN ARISAN ONLINE DI WILAYAH HUKUM KABUPATEN PATI (Studi Kasus Putusan No 52/Pid.B/2021/PN Pti)

Maidah, Rukkiyatin Yukma Nurul (2022) TINJAUAN YURIDIS PEMIDANAAN TERHADAP TINDAK PIDANA PENIPUAN ARISAN ONLINE DI WILAYAH HUKUM KABUPATEN PATI (Studi Kasus Putusan No 52/Pid.B/2021/PN Pti). Undergraduate thesis, Universitas Islam Sultan Agung Semarang.

[img] Text
pernyataan_publikasi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
30301900305_fullpdf.pdf

Download (1MB)

Abstract

Meningkatnya kasus tindak pidana penipuan di Indonesia semakin marak terjadi akhir-akhir ini. Tindak pidana penipuan merupakan tindak pidana yang cukup meresahkan masyarakat, karena niat pelaku yang terencana dan tersusun rapi sehingga sulit untuk dilacak, salah satunya yaitu penipuan berupa arisan online. Upaya penanganan utamanya dari segi yuridis yang merupakan salah satu kebutuhan utamanya yang bertujuan memutus rantai penyebaran kejahatan khususnya tindak pidana penipuan arisan online. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor penyebab terjadinya penipuan arisan online, untuk mengetahui dasar pertimbangan Majelis Hakim dalam memberikan putusan terhadap pelaku yang terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penipuan khususnya pada putusan perkara Nomor 52/Pid.B/2021/PN Pti, serta untuk mengetahui hambatan-hambatan yang terjadi selama proses putusan perkara tersebut. Metode penelitian yang dipakai dalam penulisan ini menggunakan metode pendekatan yuridis sosiologis. Jenis penelitian ini termasuk kedalam deskriptif analisis, dengan teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi lapangan yaitu melalui wawancara dengan salah satu Hakim di Pengadilan Negeri Pati dan studi kepustakaan. Penulis menggunakan sumber data primer yang didapat dari wawancara dan sumber data sekunder yang berkaitan dengan judul dan mengambil dari buku-buku tentang hukum termasuk skripsi, disertasi hukum dan jurnal hukum. Hasil penelitian dan pembahasan ini yaitu bahwa faktor-faktor yang menyebabkan tindak pidana penipuan arisan online yaitu berasal dari faktor dalam diri pelaku dan faktor dari luar diri pelaku dan dalam memberikan putusan terhadap pelaku yang terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana penipuan arisan online berdasarkan fakta-fakta yang terungkap didalam persidangan serta berdasarkan pertimbangan hakim yang bersifat yuridis maupun pertimbangan hakim yang bersifat non-yuridis. Adapun hambatan-hambatan yang terjadi selama proses persidangan yaitu ketidakhadiran saksi yang mengakibatkan sidang tertunda. Kata Kunci : Tindak Pidana, Penipuan, Arisan Online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Pustakawan 1 UNISSULA
Date Deposited: 18 Aug 2023 04:19
Last Modified: 18 Aug 2023 04:19
URI: http://repository.unissula.ac.id/id/eprint/30463

Actions (login required)

View Item View Item